GERAKAN AGAMA BARU DI INDONESIA: STUDI ALIRAN KEPERCAYAAN (AGAMA) SUKU DAYAK HINDU BUDHA BUMI SEGANDU INDRAMAYU

Ibnu Farhan(1*),


(1) IAI Bunga Bangsa Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kemajemukan di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakatnya meliputi suku, budaya dan agama. Dalam kasus agama, Negara Indonesia hanya mengakui enam agama resmi, dan sisanya disebut dengan aliran kepercayaan. Kebijakan yang terkesan berpihak ini tentu saja membuat agama yang diakui oleh negara mendominasi kehidupan beragama masyarakat Indonesia. Namun menarik di tengah-tengah dominasi enam agama di atas justru bermunculan beberapa gerakan agama atau kepercayaan baru di masyarakat. Salah satu aliran kepercayaan tersebut bernama Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu. Tentu saja peristiwa ini adalah sesuatu yang menarik sehingga tulisan ini akan mengkaji tentang faktor-faktor yang menyebabkan kemunculan aliran kepercayaan Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu. Tulisan ini juga akan secara ringkas meneliti ajaran-ajaran dari aliran kepercayaan ini sehingga mampu membuat masyarakat tertarik untuk percaya dan mengikuti aliran kepercayaan tersebut.

Kata kunci: Gerakan Agama Baru, Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indramayu


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amstrong, Karen. 2001. Sejarah Tuhan. Bandung: Mizan.

Connolly, Petter [ed]. 2011. Aneka Pendekatan Studi Agama, terj. Imam Khoiri. Yogyakarta: LkiS.

George D. Chryssides. 2006z. A Reader in New Religious Movements, London: Continuum.

Iskandar, Asep Deni. Membaca Bahasa Rupa Sastra Visual Gambar Dinding Komunitas Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandu Indrmayu, dalam Jurnal Dewa Ruci, Surakarta; 2010.

Kahmad, Dadang. 2000. Metode Penelitian Agama. Bandung: Pusataka Setia.

Kelsay, John. 1994. Agama dan Hak Asasi Manusia, Indonesia: Interfidei.

Nasution, Harun. 2003. Filsafat Agama. Jakarta: Bulan Bintang

Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Nuh, Nuhrison M. 2012. Dinamika Perkembangan Kegamaan Komunitas Dayak Hindu Budha Bumi Segandu di Indramayu Jawa Barat, dalam Dinamika Perkembangan Sistem Kepercayaan Lokal di Indonesia (Ed) Ahmad Syafi Mufid, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kemenag.

Pals, Daniel L. 2012. Seven Theoris of Religion, Terj. Inyiak Ridwan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sanusi, Burhanudin. 2015. Disolasi Identitas Diri (Negosiasi dan Dinamika Kontruksi Identitas Komunitas Dayak Hindu Budha Bumi Segandu). Cirebon: IAIN Syekh Nur Jati.

Stark, Rodney & William Sims. 1996. A Theory of Religion. New Jersey: Rutgers University Press.

Tarsono, Character Building Pada Manusia (Analisis Terhadap Budaya Suku Dayak Losaran Indramayu), dalam Jurnal Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Juni 2014.

Umam, Khaerul, Ngaji Rasa Dalam Pandangan Komnitas Indramayu, dalam Jurnal Wawasan, Januari 2016.

Wawancara dengan Takmad pada Maret 2017




DOI: 10.24235/jy.v3i1.2124

Article Metrics

Abstract view : 842 times
PDF - 653 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.