Perspektif Thomas Kuhn : Epistemologi Paradigma dan Revolusi Kecerdasan Buatan

Tasya Faricha Amelia(1*), Rahmi Susanti(2), Yosef Yosef(3), Sardianto Markos Siahaan(4),


(1) Sriwijaya University
(2) Sriwijaya University
(3) Sriwijaya University
(4) Sriwijaya University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji epistemologi dan pergeseran paradigma dalam konteks pemikiran Thomas Kuhn serta relevansinya terhadap fenomena keilmuan modern, khususnya kecerdasan buatan (AI). Subjek penelitian mencakup analisis kritis terhadap teori paradigma Kuhn dan aplikasinya pada revolusi saintifik AI. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji karya-karya Kuhn dan referensi sekunder terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep paradigma Kuhn memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk memahami perubahan dalam ilmu pengetahuan, yang terjadi melalui fase paradigma, anomali, krisis, revolusi, dan transisi ke paradigma baru. Penerapan teori Kuhn pada perkembangan AI menyoroti bagaimana teknologi ini merevolusi pendekatan ilmiah dan menciptakan norma baru dalam berbagai disiplin ilmu. Rekomendasi penelitian ini adalah agar paradigma Kuhn diterapkan lebih luas untuk menganalisis kemajuan teknologi dan perubahan sosial, serta untuk mengevaluasi dampak etis dan praktis dari AI dalam masyarakat modern. Penelitian ini juga mendorong pendekatan yang lebih fleksibel dan multidisipliner dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan masa depan.


Keywords


Epistemologi; Paradigma; Thomas Kuhn; Kecerdasan Buatan (AI).

Full Text:

PDF

References


B., Mutmainna, Yuanita Yuanita, and Ahmad Arifi. “Perubahan Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Paradikma Revolusi Thomas S Kuhn.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (2023): 1951. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2717.

Budianto, N., & Fadholi, A. “Epistemologi Pendidikan Islam (Sistem, Kurikulum, Dan Pembaharuan Epistemologi Pendidikan Islam).” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 12, no. 02 (2021): 91-108.

Digarizki, Iftahul, and Arif Al Anang. “Kajian Teori Pergeseran Paradigma Dan Revolusi Ilmiah.” Jurnal Humanitas 7, no. 1 (2020): 23–34.

Effendi, Rahmat. “Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn: Perubahan Paradigma Dan Implikasi Dalam Bangunan Ilmu Keislaman.” Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 23, no. 1 (2020): 47–61.

Firdiyanti, Shovia Indah. “Relevansi Teori Revolusi Paradigma Thomas S. Kuhn Terhadap Transaksi Jual-Beli Online.” Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah 9, no. 1 (2023): 9–22. https://doi.org/10.37567/shar-e.v9i1.1687.

Frima Asda, Eka. “Kajian Filsafat Paradigma Kuhn Dalam Kurikulum Indonesia.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 2 (2024): 2182–97. https://doi.org/10.62281/v2i2.158.

Hanum, Rosida. “Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Ilmu Sains.” Taffaham: Jurnal Pendidikan Dan Riset 1, no. 1 (2022): 87–92. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/tafahham.

Hascita Istiqomah. “Paradigma Dan Revolusi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Pemikiran Thomas Khun.” Jurnal Al-Ilm 4, no. 1 (2022): 73–83.

Junaedi, H. M., & Wijaya, M. M. Pengembangan Paradigma Keilmuan Perspektif Epistemologi Islam: Dari Perenialisme Hingga Islamisme. Integrasi-Interkoneksi dan Unity of Sciences. Prenada Media., 2020.

Kesuma, Ulfa, and Ahmad Wahyu Hidayat. “Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma.” Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 2020, 166. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.6043.

Kuhn, Thomas. The Structure of Scientific Revolutions. Philosophy after Darwin: Classic and Contemporary Readings. 2nd ed. Vol. II. The University of Chicago Press, 1967. https://doi.org/10.5840/philstudies196413082.

Kuhn, Thomas S. Criticism and the Growth of Knowledge. Edited by Imre Lakatos and Alan Musgrave. Criticism and the Growth of Knowledge. the Syndics of the Cambridge University Press, 1970. https://doi.org/10.1017/cbo9781139171434.

———. “Historical Structure of Scientific Discovery: To the Historian Discovery Is Seldom a Unit Event Attributable to Some Particular Man, Time, and Place.” Science 3518, no. 136 (1962): 760–64. https://www.science.org/doi/abs/10.1126/science.136.3518.760.

Kurniawan, Fajar Adhi. “Implikasi Revolusi Sains Thomas S. Khun Dalam Media Dakwah.” Mu’ashir: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 2, no. 1 (2024): 539–70. https://doi.org/10.35878/muashir.v2i1.1174.

Kurniawan, Trio, and M Fil. “Sejarah Epistemologi Serta Pengertian Epistemologi Sebagai Ilmu Tentang Kebenaran,” 2019, 1–11.

Luthfiyah, Luthfiyah, and Abdul Lhobir. “Ontologi , Epistimologi Dan Aksiologi Filsafat Pendidikan.” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (2023): 3249–54. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150.

Mohammad Reevany Bustami, Ellisha Nasruddin, Moh. Mudzakkir. Metodologi Penelitian Islam. Centre for Policy Research and International Studies, 2021.

Muslih, Mohammad, Happy Susanto, and Martin Putra Perdana. “The Paradigm of Islamization of Knowledge According to SMN Al-Attas (From Islamization of Science to Islamic Science).” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 5, no. 1 (2021): 25. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v5i1.5269.

Muzammil, Ahmad, Syamsuri Harun, and Achmad Hasan Alfarisi. “Bayani, Irfani and Burhani Epistemology as the Basic of Science Development in Islam.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 5, no. 2 (2022): 284–302.

Putri, F. A., & Iskandar, W. “Paradigma Thomas Kuhn: Revolusi Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan.” Nizhamiyah 10, no. 2 (2020): 94–106.

Putri, E. L. “Paradigma Dan Revolusi Ilmiah: Analisis Pandangan Thomas Kuhn.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 30, no. 2 (2024): 100–107.

Sahbana, M. Dwi Rahman. “Epistemologi Paradigma Dan Transformasi Ilmu Pengetahuan Thomas Kuhn.” Kanz Philosophia 8, no. 1 (2022): 31–48.

Sakti Al Pasha, Lalu. “Pradigma Dan Revolusi Ilmu Pengetahuan Perspektif Thomas Kuhn.” Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung 1, no. 2 (2021): 321–35. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.131.

Sos, F. S., & MM, M. Metode Penelitian Qualitatif Komunikasi (Teori Dan Praktek). umsu press., 2023.

Supriyadi, Asep, Nanat Fatah Natsir, and Erni Haryanti. “Kajian Terhadap Gerakan Kebangkitan Epistemologi (Epistemological Movement): Scientific Revolution Thomas S. Kuhn.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2022): 395–401. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.437.

Waskito, T., & Nur Kholik, M. S. I. ENIGMATIK:: Revolusi Paradigma Ke-Islaman Nahdlatul Ulama. EDU PUBLISHER, 2020.

Wulandari, Rizki Isma. “Epistemologi Thomas Kuhn (Paradigma & Revolusi Ilmu Pengetahuan) Dan Penerapan Metodologinya Dalam Pendidikan Islam.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023): 2911–36. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.972.

Yanti, N. P. E. D., Triana, I. K. D. L., Wahyudin, Y., Suarningsih, N. K. A., & Marliana, T. Karya Tulis Ilmiah: Teori & Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Zazkia, S. A. “Metode, Pendekatan Ilmiah, Model Pemikiran Dan Teori Revolusi Paradigma Thomas Samuel Kuhn.” Berkala Ilmiah Pendidikan 1, no. 3 (2021): 127–33.




DOI: 10.24235/jy.v10i2.18777

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â