Pemahaman Orang Tua Tentang Bullying dan Dampaknya pada Siswa Sekolah Dasar (Perspektif Pragmatisme John Dewey dalam Mewujudkan SDG Pendidikan Berkualitas)

Recy Harviani Zurwanty(1), Ashabul Fadhli(2*), Syelfia Dewimarni(3),


(1) Universitas Putra Indonesia "YPTK", Padang
(2) Universitas Putra Indonesia "YPTK", Padang
(3) Universitas Putra Indonesia "YPTK", Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman orang tua siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Agam tentang tindakan dan akibat bullying yang banyak terjadi di lingkungan Sekolah Dasar. Lahirnya Permenristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan serta Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak merupakan bentuk kehadiran Negara dalam menyikapi serta mencegah terjadinya bullying di lingkungan pendidikan. Agar aturan tersebut berjalan optimal, keterlibatan orang tua sangat diperlukan. Penelitian ini berangkat dari penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah orang tua siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Agam sebanyak 79 respondens yang terdiri dari 60 perempuan (ibu) dan 19 laki-laki (ayah). Instrumen penelitian berupa angket peran orang tua dalam menyikapi tindakan bullying yang sudah valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat pemahaman orang tua mengenai tindakan bullying memiliki kriteria persentase baik (53,79%). Begitu juga mengenai akibat tindakan bullying yang juga tergolong dalam kriteria persentase baik (54,43%). Sejalan dengan itu, didapati pula kecendrungan orang tua bahwa bullying yang dilakukan secara fisik lebih dinilai sebagai bentuk tindakan kekerasan yang lebih kongkrit dan berdampak lebih nyata sehingga menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan pada anak.

Keywords


Pemahaman Orang Tua; Sekolah Dasar; Bullying; Pendidikan Berkualitas.

Full Text:

PDF

References


Agisyaputri, Erina, Nadia Aulia Nadhirah, and Ipah Saripah, ‘Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja’, Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3.1 (2023), 19–30

Aida, N, H Rasyid, K Kunaenih, and H Farhani, ‘Partisipasi Lembaga Pendidikan Dalam Pencegahan Kekerasan (Bullying) Pada Masa Pandemi Di Kecamatan Pare Kediri Jawa Timur’, Jurnal Kewarganegaraan, 6.1 (2022), 2527–35

Analiya, Tri Rizky, and Ridwan Arifin, ‘Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Indonesia’, Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes, 3.1 (2022), 125–44

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka cipta, 2019)

Ayu, ‘Pelajar SMA Binus Serpong Jadi Korban Perundungan Oleh Seniornya’, Https://Www.Tvonenews.Com/ (Jakarta, 2024)

Ayuningbudi, Fadjrina Hapsari Woro, and Yuliana Hanami, ‘Bullying and Social Support in Elementary School Students: A Qualitative Study’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 10.2 (2023), 137–46

Bili, Fransiskus Ghunu, and Sugito Sugito, ‘Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.2 (2020), 1644–54

Chotimah, Evi Afiati, and Rahmawati, ‘Hubungan Bullying Verbal Dengan Kepercayaan Diri Remaja’, Jurnal Bening, 7.1 (2023), 39–50

Fadhli, Ashabul, Recy Harviani Zurwanty, and Syelfia Dewimarni, ‘The Role of Parents in Responding to Bullying Actions at the Elementary School Level’, Ta’dib Journal, 27.1 (2024), 27–41

Fatimah, Siti, ‘Babak Baru Kasus Bullying Siswa SD Sukabumi Hingga Patah Tulang’, Www.Detik.Com (Sukabumi, 2023)

Gustiwan, Joni, Yeni Karneli, Yavelma Miaz, and Firman Firman, ‘Pembinaan Karakter Hormat Dan Tanggung Jawab Anak Untuk Pencegahan Bullying Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2020), 3(2), 524–32

Hayati, Zinatul, ‘Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islami Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bengkulu’, An-Nizom, 5.2 (2020), 115–22

Jelita, Nabilla Suci Darma, Iin Purnamasari, and Moh. Aniq Khairul Basyar, ‘Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak’, Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11.2 (2021), 232–40

Khaliza, Cindy Nur, Besral Besral, Iwan Ariawan, and Herlina J EL-Matury, ‘Efek Bullying, Kekerasan Fisik, Dan Kekerasan Seksual Terhadap Gejala Depresi Pada Pelajar SMP Dan SMA Di Indonesia: Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015’, Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2.2 (2021), 98–106

Kosasih, Ahmad, ‘Filsafat Pendidikan Pragmatisme:Telaah Atas Teori Manajemen Pendidikan John Dewey’, Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9.1 (2022), 98

Masfufa, Nur Fazriya, and Enik Setiyawati, ‘TUNAS’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8.2 (2023), 72–79

Melawati, Ayu, Indrawati, and Cucu Atikah, ‘Studi Kasus Dampak Perundungan Verbal Pada Siswa Sman 2 Ks Cilegon’, PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 35.2 (2023), 77–88

Mulyadi, Dadi, Sapriya Sapriya, and Rahmat Rahmat, ‘Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) Di SMA Alfa Centauri Bandung’, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6.2 (2019), 220–32

Najah, Nawallin, Sumarwiyah Sumarwiyah, and Muhammad Syafruddin Kuryanto, ‘Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8.3 (2022), 1184–91

Nidawati, Nidawati, ‘Keterkaitan Dan Implikasi Pragmatisme Dalam Pendidikan’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12.2 (2022), 423

Ningtyas, Putri Vindhian, and Raden Bambang Sumarsono, ‘Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Sosialisasi’, Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.2 (2023), 104–8

Nuha, Farahah Kamilatun, and Maemonah, ‘Kontekstualisasi Filsafat Eksistensialisme Terhadap Praktik Pendidikan Di Era Digital Contextualization’, Jurnal Yaqzhan, 10.1 (2024), 173–84

Nurmalia, Lia, Baiatun Nisa, Mutiara Safitri, and Retno Dwigustini, ‘Type, Cause, and Effect of Bullying in a Girl Like Her Movie’, Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 5.3 (2021), 247–51

Oktaviany, Desri, and Zaka Hadikusuma Ramadan, ‘Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9.3 (2023), 1245–51

Prasetio, Arif, and Robie Fanreza, ‘Strategi Sekolah Dalam Upaya Pencegahan Bullying Di Ismaeliyah School’, ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7.1 (2023), 1

Rahmawati, Fiqih, ‘Kasus Perundungan Anak SD Di Lampung Diselesaikan Secara Kekeluargaan, Libatkan Dinas Pendidikan’, Https://Www.Kompas.Tv/ (Lampung, 29 November 2023)

Rukmana, Virda, ‘Perlindungan Hukum Terhadap Korban Dan Pelaku Bullying Anak Di Bawah Umur’, Jurnal Education and Development, 10.2 (2022), 78–83

Saini, Munish, Eshan Sengupta, Madanjit Singh, Harnoor Singh, and Jaswinder Singh, Sustainable Development Goal for Quality Education (SDG 4): A Study on SDG 4 To Extract The Pattern Of Association Among The Indicators Of SDG 4 Employing A Genetic Algorithm, Education and Information Technologies (Springer US, 2023), XXVIII

Sains, Jurnal, Sosio Humaniora, Jamalia Putri Prastiti, and Isa Anshori, ‘Efek Sosial Dan Psikologis Perilaku Bullying’, Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7.1 (2023), 69–77

Saptono, Bambang, ‘How Does Bullying Happen in Elementary School?’, Jurnal Prima Edukasia, 10.2 (2022), 187–93

Sari, Nisfina Wulan, and Mukhlis Mukhlis, ‘Kuruikulum Merdeka Episode 25: Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Dalam Lingkungan Satuan Pendidikan’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9.1 (2024), 353–60

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan) (Bandung: Bandung: Alfabeta, 2009)

Sukawati, Asri, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, and Nana Ganda, ‘Fenomena Bullying Berkelompok Di Sekolah Dasar’, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8.2 (2021), 354–63

Wardani, Indah Septiyaning, and Kaled Hasby Ashshidiqy, ‘Delapan Pelajar SMA Karanganyar Pelaku Bullying Akan Diperiksa Polisi’, Soloraya.Solopos.Com (Solo, 2023)

Yoa/pmg, ‘Siswa SD Bekasi Korban Bullying Hingga Kaki Diamputasi Meninggal Dunia’, Www.Cnnindonesia.Com (Jakarta, 2023)

Yulianto, Agus, Abd Charis Fauzan, Redhitya Wempi Ansori, and Ahmad Izzuddin, ‘Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pondok Ramadan’, 6.1 (2025), 61–66

Zurwanty, Recy Harviani, Ashabul Fadhli, Syelfia Dewimarni, and Yulia Retno Sari, ‘Segregating Students’ Understanding of Knowledge and Prevention of Sexual Violence in Higher Education’, HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 7.2 (2024), 101




DOI: 10.24235/jy.v10i2.18291

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â