Kontekstualisasi Filsafat Eksistensialisme terhadap Praktik Pendidikan di Era Digital
(1) Uin Sunan Kalijaga
(2) Uin Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan era modern ini perlu diakomodasi oleh pendidikan, dan filsafat dapat menjadi alat analisisnya. Filsafat adalah inti, pedoman, dan sumber dari pendidikan. Filsafat Eksistensialisme merupakan filsafat pendidikan yang menekankan kepada otonomi peserta didik sebagai subjek. Pandangan-pandangan dari eksistensialisme tersebut dapat mengakomodasi bagaimana permasalahan eksistensi di era digital dan bagaimana pendidikan menangkap sinyalemen tersebut dengan memperbaharui praktik-praktik pendidikan yang sesuai dengan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkontekstualisasi filsafat eksistensialisme pada praktik pendidikan di era digital. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan analisis generik yang konklusinya ditarik secara umum dalam mengidentifikasi makna dari suatu konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pandangan-pandangan dari filsafat eksistensialisme yang mendasari interaksi dalam pendidikan di era digital dewasa kini. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi pedoman dalam praksis-praksis pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, M. Kim, M. Ellithorpe, dan S. A. Burt. “Anonymity and its Role in Digital Aggression: a Systematic Review.†Aggression and Violent Behavior 72 (2023). https://doi.org/10.1016/j.avb.2023.101856.
Abidin, Jam’ah. “Pengembangan Pendidikan dalam Filsafat Eksistensialisme.†Al Fikra: Jurnal KeIslaman 12, no. 2 (2013). https://doi.org/10.24014/af.v12i2.3864.
“Aktivitas Pengajaran Melalui Pendekatan Eksistensialisme.†Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 13, no. 2 (2013). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.481.
Andriani, Nanda, Riska Arila, Listi Khairani Pohan, dan Nurdiana Ulfah. “Eksistensialisme dalam Pendidikan Dasar.†Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI) 4, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1208.
Angadi, G.R. “Philosophical Method of Educational Research.†International Journal of Research in Engineering, IT and Social Sciences 9, no. 1 (2019).
Anugrah, Wildan. “Instagram Dalam Perspektif Dunia Simulacra Jean Baudrillard.†Universitas Gadjah Mada, 2016.
Azizah, Emma, dan Fahyuni Baharuddin. “Hubungan antara Fear of Missing Out (FOMO) dengan Kecanduan Media Sosial Instagram Pada Remaja.†Psikologi Humanistik 45 9, no. 1 (2021).
Bakker, Anton. Metode-metode Filsafat. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1984.
Brown, Jonathan. “London Life: A Superficial Existence?†The London World, 2008. http://www.thelondonword.com/2008/11/london-life-a-superficial-existence/.
Chan, Kai Tai. “Emergence of the ‘Digitalized Self’ in the Age of Digitalization.†Computers in Human Behavior Reports 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.1016/j.chbr.2022.100191.
Dawson, Joe. “Who Is That? The Study of Anonymity and Behavior.†Association for Pshycological Science (APS), 2018. https://www.psychologicalscience.org/observer/who-is-that-the-study-of-anonymity-and-behavior.
Dennis, Tser. “Why Are People Faking Their Lives on Social Media?†Illumination, 2022. https://medium.com/illumination/why-are-people-faking-their-lives-on-social-media-f7b9439bd83d.
Dunsmore, Morgan, dan Steven M. Dunn. “Automaton Conformity.†Zeigler-Hill: Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 2019. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1782-1.
Ess, Charles Melvin. “Existentialism in the (Post-) Digital Era.†Imma Magazine, 2019. https://imma.ie/magazine/existentialism-in-the-post-digital-era-charles-melvin-ess/.
Gunawan, Indra, dan Ayu Vinlandari Wahyudi. “Kajian General Education dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.†Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosiial dan Ekonomi 11, no. 1 (2022). https://doi.org/https://10.24235/edueksos.v11i1.9508.
Hamzah, Andi Abdul. “Eksistensi Manusia dan Tugas Pokoknya dalam Tinjauan Pendidikan Islam.†Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 1, no. 2 (2014).
Husni, Muhammad. “Memahami Pemikiran Karta Paulo Freire ‘Pendidikan Kaum Tertindas’ Kebebasan dalam Berpikir.†Al-Ibrah 5, no. 2 (2020): 41–60.
Madon, Kharisma Romadhon, Maemonah, Fildza Malahati, Sri Atin, Irfan, dan Ummi Atya Nurjanna. “Pandangan Eksistensialisme terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.†Jurnal Inspirasi Pendidikan, 13, no. 1 (2023). https://doi.org/10.21067/jip.v13i1.7725.
Magrini, James. “Existentialism, Phenomenology, and Education.†Philosophy Scholarship, 2012.
Makhamatov, Tair M., Valeriy S. Khaziyev, Таир Махаматов, dan Radik Z. Yulbayev. “Existential Aspects in Modern Education.†In SHS Web of Conferences, 2021. https://doi.org/10.1051/shsconf/202110301022.
Malik, G. M., dan Rukhsana Akhter. “Existentialism and Classroom Practice.†IOSR Journal Of Humanities And Social Science 8, no. 6 (2013). https://doi.org/10.9790/0837-0868791.
McMillan, James H, dan Sally Shcumacher. Research in Education Evidence-Based Inquiry. 6th ed. Boston: Boston, MA Allyn and Bacon, 2006. https://eric.ed.gov/?id=ED577250.
Nitschinsk, Lewis, Stephanie J. Tobin, dan Eric J. Vanman. “Why Do People Sometimes Wear an Anonymous Mask? Motivations for Seeking Anonymity Online.†Personality and Social Psychology Bulletin 0, no. 0 (2023). https://doi.org/10.1177/01461672231210465.
Noller, Jörg. “Heautonomy: Schiller on freedom of the will.†European Journal of Philosophy 29, no. 2 (Juni 2021): 339–53. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ejop.12576.
Ozturk, Nesrin. “Metacognition’s Potential for Existentialism in Classrooms.†Sciendo 14, no. 2 (2023). https://doi.org/10.2478/jped-2023-0014.
Purnama, Aditya Yoga, Agnesi Sekarsari Putri, dan Ragil Saputri. “The Philosophy of Existentialism: Individual Awareness in Indonesian Education.†RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies 2, no. 3 (2021): 22–27. https://doi.org/doi.org/10.52187/rdt.v2i3.84.
Ragheb, Omar Walid. “Digital Transformation and Its Effects on The Value System in Islamic Societies.†NTU journal for Administrative and Human Sciences (JAHS) 2, no. 2 (2022): 196–212. https://doi.org/10.56286/ntujahs.v2i2.242.
Rumianowska, Agnieszka. “Existential Perspectives on Education.†Educational Philosophy and Theory 52, no. 3 (2019): 261–69. https://doi.org/10.1080/00131857.2019.1633915.
Shor, Ira. Freire for the Classroom: A Sourcebook for Liberatory Teaching. Health (San Francisco), n.d.
Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. “Konseptualisasi Pendidikan dalam Pandangan Aliran Filsafat Eksistensialisme (Telaah Implikatif Persepsi Aliran Filsafat Eksistensialisme Terhadap Dunia Pendidikan).†Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 18, no. 2 (2017): 1–23.
Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Usiono, Khairuddin Tambusai, dan Syarifah Widya Ulfa. Desain Pendidikan Karakter. Medan: Perdana Publishing, 2020.
Voorhoeve, Alex, dan Marc Fleurbaey. “On the Social and Personal Value of Existence.†In Weighing and Reasoning, 95–109. Oxford: Oxford University Press, 2015. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199684908.003.0008.
Wattimena, Reza A.A. “Pendidikan Filsafat untuk Anak? Pendasaran, Penerapan dan Refleksi Kritis untuk Konteks Indonesia.†Jurnal Filsafat 26, no. 2 (2016). https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jf.12782.
Wibowo, Sani R. Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Yogyakarta: Kanisius, 2011.
Wiyono, Slamet. Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasindo, 2006.
DOI: 10.24235/jy.v10i1.17864
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â