Analisis Kritis Pemikiran Islam Kontemporer Hassan Hanafi terhadap Tradisi Islam

Taufik Hidayatulloh(1*),


(1) Universitas Paramadina Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemikiran Islam kontemporer memainkan peran krusial dalam merespons tantangan zaman yang terus berubah. Salah satu tokoh pemikiran Islam kontemporer yang signifikan adalah Hassan Hanafi, yang dikenal karena pandangannya yang inovatif terhadap tradisi Islam. Tradisi Islam memiliki peran penting dalam membentuk identitas umat Muslim, namun dalam era modern yang terus berkembang, pandangan tradisional sering kali dihadapkan pada tantangan dan kritik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan Hanafi terhadap tradisi Islam, bagaimana ia mengelaborasi konsep-konsep tersebut, serta dampaknya terhadap pemikiran dan praktik umat Islam saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka atau library research. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik interpretasi. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Hassan Hanafi memiliki pandangan yang inovatif dan kritis terhadap tradisi Islam. Hanafi menekankan pentingnya memahami tradisi dalam konteks kekinian. Proyek pembaharuan Hanafi mengedepankan agama sebagai sumber semangat untuk mencapai pembebasan manusia, dengan mempertimbangkan pengaruh oksidentalisme untuk memperkaya perspektifnya terhadap tradisi Islam.


Keywords


Hassan Hanafi; Tradisi Islam; Oksidentalisme.

Full Text:

PDF

References


Al-Jabiri, Muhammad Abid. Post Tradisionalisme Islam,. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Arkoun, Muhammad. Nalar Islami Dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan Dan Jalan Baru, Ed. Johan Hendrik Meuleman, Terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: INIS, 2004.

Badruzaman, A. Kiri Islam Hassan Hanafi: Menggugat Kemapanan Agama Dan Politik. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2015.

Bashri, Yanto. “Nalar Hassan Hanafi; Upaya Mensejajarkan Barat Dan Dunia Islam.†Mozaic : Islam Nusantara 1, no. 1 (April 8, 2015): 1–14. https://doi.org/10.47776/mozaic.v1i1.73.

Chotimah, Nurul, and Maulana Masudi. “Studi Tentang Pemikiran Hassan Hanafi.†AL-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama 1, no. 2 (2017): 40–61.

Gufron, M. “Transformasi Paradigma Teologi Teosentris Menuju Antroposentris:Telaah Atas Pemikiran Hasan Hanafi.†Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 3, no. 1 (June 15, 2018): 141. https://doi.org/10.18326/mlt.v3i1.141-171.

Hadirois, Ahmad Efendi, and Suryo Ediyono. “Pemikiran Hassan Hanafi Tentang Kritik Tradisi Islam (Analisis Hermeneutika).†Center of Middle Eastern Studies (CMES) 8, no. 2 (2015). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/cmes.8.2.15846.

Hanafi, Hassan. Al-Turas Wa Al-Tajdid Mauqifuna Mun Al-Turas Al-Qadim. Kairo: Al-Mu’ssasah al-Jam’iyyah, 1992.

———. Al-Yasar Al-Islami. Kitabah Al-Nahdah Al-Islamiyah. Kairo: Al-Mu’ssasah al-Jam’iyyah, 1991.

———. Dari Akidah Ke Revolusi: Sikap Kita Terhadap Tradisi Lama. Bandung: Dian Rakyat, 2010.

———. Oksidentalisme: Sikap Kita Terhadap Tradisi Barat. Jakarta: Paramadina, 2005.

———. Studi Filsafat 1: Pembacaan Atas Tradisi Islam Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2015.

———. Studi Filsafat 2: Pembacaan Atas Tradisi Barat Modern. Yogyakarta: LKiS, 2015.

Hanafi, Sari. “Islamization of Knowledge and It’s Grounding: Appraisal and Alternative.†Islamic Studies Review 1, no. 2 (December 29, 2022): 135–60. https://doi.org/10.56529/isr.v1i2.82.

Haryono, Satrio Dwi. “Sikap Terhadap Tradisi Barat: Telaah Eurosentrisme Max Weber: Analisis Oksidentalisme Hassan Hanafi.†Aqlania 13, no. 1 (June 27, 2022): 37. https://doi.org/10.32678/aqlania.v13i1.5886.

Hidayatulloh, Taufik. Filsafat Islam Kontemporer. Cirebon: CV. Strata Persada Academia, 2024.

Hidayatulloh, Taufik, and Theguh Saumantri. “Theology of Peace Based on Religious Harmony in Asghar Ali Engineer’s Perspective.†Jurnal Ilmu Ushuluddin 10, no. 1 (2023): 105–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/iu.v10i1.32289.

Ibrahim, Azhar. “Contemporary Islamic Thought: A Critical Perspective.†Islam and Christian–Muslim Relations 23, no. 3 (July 2018): 279–94. https://doi.org/10.1080/09596410.2012.676781.

———. “Contemporary Middle Eastern Islamic Thought and Its Transmission in Indonesia: A Critical Assessment.†In Islam in Southeast Asia, 112–39. ISEAS–Yusof Ishak Institute Singapore, 2018. https://doi.org/10.1355/9789814818001-008.

Kasdi, Abdurrohman, and Umma Farida. “Oksidentalisme Sebagai Pilar Pembaharuan (Telaah Terhadap Pemikiran Hassan Hanafi).†Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 1, no. 2 (2013). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v1i2.540.

Manshur, Fadlil M. “Hasan Hanafi, New Theology and Cultural Revolution: An Analysis of Cultural Intensification.†HTS Teologiese Studies / Theological Studies 77, no. 4 (2021). https://doi.org/https://orcid.org/0000-0003-3647-2512.

Miftahuddin, Miftahuddin. “Declaring Tafseer for Humanity: Tafseer Methodology of Hassan Hanafi.†Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 5, no. 1 (June 16, 2020): 1–15. https://doi.org/10.18326/mlt.v5i1.1-15.

Munir, A. “Hassan Hanafi: Kiri Islam Dan Proyek Al Turats Wa Al Tajdid.†MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan 16, no. 3 (2010). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i3.20.

Nata, Yolies Yongky. “Oksidentalisme.†Jurnal Al- Ulum: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke-Islaman 2, no. 1 (2015). https://doi.org/https://doi.org/10.31102/alulum.2.1.2015.118-130.

Noorhayati. “Oksidentalisme: Konsep Perlawanan Terhadap Barat.†AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 3, no. 2 (2016). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/at-turas.v3i2.189.

Prawira Negara, Muhammad Adres, and Muhlas Muhlas. “Reformulasi Konsep Tauhid: Studi Analisis Pemikiran Hassan Hanafi.†Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 23, no. 2 (December 4, 2022): 133. https://doi.org/10.30595/islamadina.v23i2.13415.

Rakhman, Jalaluddin. Islam Dan Perspektif Pemikiran Kontemporer. Bandung: Grafika, 2007.

Rasyidi, Abdul Haris. “Kajian Islamologi Tentang Tradisi Pembaharuan Dan Modernitas; Telaah Buku Dirasat Islamiyah Hassan Hanafi.†JURNAL ISLAM NUSANTARA 1, no. 2 (December 31, 2017). https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.36.

Riexinger, Martin. “Nasserism Revitalized. A Critical Reading of Hasan Hanafī’s Projects ‘The Islamic Left’ and ‘Occidentalism’ (and Their Uncritical Reading).†BRILL 1, no. 1 (2017). https://doi.org/https://brill.com/view/journals/wdi/47/1/article-p63_4.xml?ebody=citedby-117281.

Rostitawati, Tita. “Pembaharuan Dalam Tasawuf.†Farabi 15, no. 2 (2018): 67–80. https://doi.org/10.30603/jf.v15i2.642.

Rozi, Syaikhu. “Melacak Jejak Spiritualitas Manusia Dalam Tradisi Islam Dan Barat.†Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 7, no. 2 (2018): 149–64. https://doi.org/http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/222.

Rufaiqoh, Elok, Umi Sumbulah, Ahmad Nuruddin, Asmad Hanisyi, and Zainal Arifin. “Hassan Hanafi’s Reformation in The Islamic World.†Jurnal Islam Nusantara 7, no. 2 (2023): 158–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33852/jurnalnu.v7i2.448.

Said, Edward W. Orientalisme: Menggugat Hegemoni Barat Dan Mendudukkan Timur Sebagai Subjek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Saumantri, Theguh. “Pandemi Covid-19 Dalam Tinjauan Filsafat Michel Foucault.†El-Waroqoh : Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat 6, no. 2 (2022). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28944/el-waroqoh.v6i2.766.

———. “Teologi Perdamaian Aan Kerukunan Antar Agama Dalam Perspektif Asghar Ali Engineer.†Junal Pemikiran Islam (JPI) 3, no. 2 (2023): 92–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jpi.v3i2.19790.

Saumantri, Theguh, and Hajam Hajam. “Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam.†An-Nawa : Jurnal Studi Islam 5, no. 1 (June 26, 2023): 1–18. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i1.579.

Shimogaki, K. Kiri Islam: Antara Modernsime Dan Postmodernisme. Yogyakarta: LKiS, 2016.

Suharti, Suharti. “Menjinakkan Barat Dengan Oksidentalisme: Gagasan Kiri Islam Hassan Hanafî.†Ulumuna 9, no. 2 (November 4, 2017): 355–68. https://doi.org/10.20414/ujis.v9i2.492.

Syafii, Syafii. “Dari Ilmu Tauhid/Ilmu Kalam Ke Teologi: Analisis Epistemologis.†Jurnal THEOLOGIA 23, no. 1 (September 4, 2017): 1–15. https://doi.org/10.21580/teo.2012.23.1.1756.

Taufik, Muhammad. “Kontekstualisasi Teologi Modern Kritik Hassan Hanafi Terhadap Teologi Tradisional.†Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 19, no. 2 (June 11, 2020): 147–64. https://doi.org/10.14421/ref.v19i2.2258.




DOI: 10.24235/jy.v10i1.16972

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â