TERMINOLOGI STUDI AKIDAH/TEOLOGI DAN RUANG LINGKUP STUDI AKIDAH AKHLAK

Nurul Liza Nasution(1*), Raisa Nur Salum(2), Sapri Sapri(3), Ira Suryani(4),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Iman dalam tubuh manusia diibaratkan sebagai kepala. Oleh karena itu, jika iman seorang hamba rusak, maka hal terpenting yang harus diperbaiki adalah iman itu sendiri. Akidah yang mutlak bagi individu tidak dapat dibeli atau diganti dengan apapun. Akidah juga berkaitan erat dengan keimanan hamba Allah. Dimana seseorang wajib mempercayainya, sehingga layak disebut mukmin. Iman adalah ajaran agama tentang keyakinan atau kepercayaan kepada Tuhan. Semua agama samawi mengajarkan tentang keimanan sebagai dasar dan prinsip tauhid, sehingga sejak dini materi keimanan sudah diajarkan. Akidah yang diyakini sebagai seorang muslim harus melibatkan janji dan konsekuensi kepada Allah, yaitu dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengemukakan proses penafsiran atau penggambaran berdasarkan teori yang digunakan sebagai pedoman. Jenis penelitian ini didasarkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan mengacu pada referensi-referensi yang relevan dengan penelitian yang diangkat


Full Text:

PDF

References


Amri, M., Ahmad, L. O. I., & Rusmin, M. (2018). Aqidah Akhlak. In Jurnal Ilmiah (Vol. 10, Issue 2).

Al-Jazairi, Abu Bakr Jabir. 2000.Ensiklopedia Musli. Fadhli Bahri, Lc. 2017. PT. Darul Falah: Bekasi.

Nuryadin, Riyan, dkk. 2015. Teologi untuk Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Qomari, R. (2009). Prinsip dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 47–67. https://doi.org/10.24090/insania.v14i1.318

Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantar.

Subhie, Muhiyi. 2023. Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak. Jawa Timur: Penerbit Uwais.

Suhiroh, I., & Kurniawan, A. F. (2022). Hakikat Dan Ruang Lingkup Kajian Multidisiplioner Materi Aqidah Akhlak (Analisis Aqidah Akhlak Perspektif Agamis Normatif dan Sosiologis). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 1(1), 23–34.

Suryani, I., Ma’tsum, H., Fittria, M., & Tarmizi, M. (2021). Peta Konsep Terminologi Akidah/Teologi dan Ruang Lingkup Studi Akidah Akhlak. Islam & Contemporary Issues, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.57251/ici.v1i1.4

Tinianus, E., Idami, Z., Maulana, I., Fathurrahmi, Triwahyudi, R., & Fadhil, R. (2021). Pendidikan Agama ISlam Berbasis General Education (Mustanir, teuku muttaqin Mansur, & Zulkarnain (eds.); Cetakan Pe). Syiah Kuala University Press. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Agama_Islam_Berbasis_General/C_hxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ilahiyat,+nubuwat,+ruhaniyat&pg=PA85&printsec=frontcover

Yayasan penerjemah Al-Qur’an. (n.d.). Mushaf Al-Hadi.




DOI: 10.24235/jy.v9i2.16289

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â