FASE PERADABAN MANUSIA DALAM TINJAUAN ILMU DAN TEOLOGI

Ahmad Ali Umayudin(1*), Ilzamudin Ma'mur(2), Agus Gunawan(3), Ahmad Bazari Syam(4),


(1) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
(2) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
(3) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
(4) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
(*) Corresponding Author

Abstract


: Perkembangan peradaban manusia sejak terciptanya dunia menjadi semakin menarik dikaitkan seiring kebutuhannya terhadap ilmu pengetahuan dan teologi. Pendekatan keilmuan dijadikan fase manusia sebagai alat mencapai tujuan memenuhi kebutuhan dan masa depannya. Sedangkan pendekatan teologi diperlukan mengingat manusia hakikatnya sebagai makhluk hidup yang memiliki banyak keterbatasan dan kelemahan. Fase peradaban manusia semakin membutuhkan berbagai pendekatan untuk mencapai hakikat kehidupannya ini, termasuk sejarah dan pemikiran yang tercipta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fase peradaban manusia yang dikaji melalui ilmu dan teologi. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, yang diperoleh melalui data sekunder berasal dari buku, jurnal, laporan lembaga resmi dan website. Dilakukan analisis ekspalanatif untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitin menjelaskan bahwa pengaruh sosial dan politik terhadap perkembangan peradaban manusia menjadikan objektivitas terhadap ilmu pengetahuan difahami secara periodik dan menjadikan lebih spesifik. Eksistensi ilmu tidak dapat dijadikan satu-satunya sudut pandang mencapai kebenaran ilmu sehingga diperlukan dalam peradaban manusia itu sendiri. Filsafat ilmu dan teologi menjadi perbedaan dalam memahami disiplin ilmu untuk mencapai eksistensi manusia. Perbedaan fase peradaban manusia terhadap ilmu dan teologi yang melahirkan perbedaan struktur sosial dengan Tuhan sehingga dapat menghindari pertentangan peradaban. Implikasi penelitian semakin berkembangan fase peradaban manusia tidak dapat terlepas dari fungsi ilmu dan teologi. 

Full Text:

PDF

References


Affandi, Abdullah. “Fungsi Filsafat Ilmu Dalam Pengembangan Metode Ilmiah.†Jurnal Al Hikmah 7, no. 1 (2019): 103–10. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/91/pdf.

Aizid, R. Sejarah Terlengkap Peradaban Dunia. Depok: PT Huta Parhapuran, 2018.

Amka. Filsafat Pendidikan. Nizamia Learning Center. 1st ed. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2019. https://doi.org/10.36421/veritas.v13i1.255.

Assegaf, A.R. Filsafat Pendidikan Islam : Paradigma Baru Pendidikan Berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Asy’ari, Hasyim. “Renaisans Eropa Dan Transmisi Keilmuan Islam Ke Eropa.†JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 2, no. 1 (2018): 1–14. https://doi.org/10.30829/j.v2i1.1792.

Bohr, Niels. “Science and Civilization.†The Times. August 11, 1945.

Branson, B, MW Hunt, TD Knepper, RS Lee, S Styel, and HV Eyghen. Introduction to Philosophy of Religion. Columbia: Rebus Community, 2020. https://doi.org/10.4324/9781351219785.

Bussotti, Paolo. “In Mathematics and Science Education.†Journal of Baltic Science Education 12, no. 6 (2013): 712–16.

Chang, Hasok. “WHO CARES ABOUT THE HISTORY OF SCIENCE? By.†Notes Rec. 71 (2017): 91–107.

Daston, L. “History of Science, History of Text.†International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 2001, 1–47. https://doi.org/10.1007/1-4020-2321-9.

Deeson, Eric. “Niels Bohr: Collected Works Vol I.†Edited by FINN AASERUD. The Political Arena (1934–1961) 11 (2005): 125–43. https://doi.org/10.1088/0031-9112/24/4/019.

Descartes, Rene. Diskursus Dan Metode. Edited by Terj. Ahmad Faridl Ma’ruf. Yogyakarta: Ircisod, 2012.

Djaja, W. Sejarah Eropa Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern. Yogyakarta: Ombak, 2012.

Effendi, Darwin. “THE DEVELOPMENT OF SCIENCE AND TECHNOLOGY AND ITS IMPACT ON HUMAN MORAL LIFE.†In International Seminar on Education and Development of Asia, 175–79. Semarang: UNiversitas Muhammadiyah Semarang, 2018. https://doi.org/10.2753/RES1060-9393160372.

Fajrin, Rakhil. “Urgensi Telaah Sejarah Peradaban Islam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0.†Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 107–19. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/132.

Fikri, Ishom Fuadi. “Relevance of Religious-Science Integration Discourse in Islamic Education in Indonesia.†In Annual Conference on Islam Education, and Humanities, 35–54. Jember: UIN Jember, 2018. https://doi.org/10.24042/klm.v7i2.465.

Gafur, A, R Rusli, A Mardiyah, Anica, and Mungafif. “Agama, Tradisi Budaya Dan Peradaban.†Medina-Te 18, no. 1 (2022): 27–38.

George, Mary W. The Elements of Library Research. New Jersey: PRINCETON UNIVERSITY PRESS, 2008.

Gunawan, Syafri. “Peranan Islam Dalam Pembangunan Dunia.†El-Qanuny 5, no. 1 (2019): 45–60. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/elqanuniy/article/download/1763/1518.

Guo, R. Wadier : A New History of Civilizations. What Do the Ancestral Voices and Glyphs Say? China: Regional Science Association of China, 2021.

Islam, Muhammad H. “ISLAM AND CIVILIZATION (ANALYSIS STUDY ON THE HISTORY OF CIVILIZATION IN ISLAM).†Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman Vol. 5, no. 1 (2019): 22–39. https://core.ac.uk/download/pdf/231326213.pdf.

Jannah, Miftahul. “Runtuhnya Khilafah Turki Utsmani 3 Maret 1924.†MASA : Journal of History 1, no. 1 (2019): 65–78. https://doi.org/10.31571/masa.v1i1.1521.

Karim, Abdul. “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan.†Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan 2, no. 1 (2014): 273–89. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563.

Kemenag. Al Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Darus Sunnah, 2015.

Kristiawan, Muhammad. Filsafat Pendidikan, The Choice Is Yours. Edited by L Hendri and Juharmen. Yogyakarta: Valia Pustaka, 2016.

Mahfud, Mahfud, and Patsun Patsun. “Mengenal Filsafat Antara Metode Praktik Dan Pemikiran Socrates, Plato Dan Aristoteles.†CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 119–40. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.76.

Marzuki, I, Siswandy, M Iqbal, AM Reza, IP Artawan, A Ely, I Saputra, and Musmulyadi. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Fajar, 2021. https://repository.usd.ac.id/7333/1/3. Filsafat Ilmu Pengetahuan (B-3).pdf.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. 1st ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Mohammad, Muslih. Filsafat Ilmu:Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma Dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Lembaga Study Filsafat Islam, 2016.

Musakkir. “FILSAFAT MODERN DAN PERKEMBANGANNYA (Renaissance: Rasionalisme Dan Emperisme).†Jurnal Pemikiran Dan Keislaman Dan Kemanusiaan 5, no. 1 (2021): 1–12. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/download/626/453/.

Nafis, Abdul Wadud. “Islam, Peradaban Masa Depan.†Jurnal Al-Hikmah 18, no. 2 (2020): 117–34. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.29.

Nugraha, Rizky A, Juliana Setiawati, Lilis Karlina, Nana Mardiana, Nur Sakilah, Nur Habibi Nasution, Novi Rianti, et al. FILSAFAT ILMU. Kota Jambi: Pustaka Ma’arif Press, 2017.

Pisano, Raffaele. “Science, Society and Civilization in the History of Science.†Problems of Education in the 21st Century 55, no. 1 (2013): 4–10. https://doi.org/10.33225/pec/13.55.04.

Prasetyo, A, N Mukhtar, and M Qiptiyah. “KHILAFAH DALAM KAJIAN AL-QURAN DAN HISTORIS: REKONSTRUKSI HUKUM KHILAFAH ISLAMIYAH.†Syariati 7, no. 2 (2021): 129–42.

Rizal, Ahmad Syamsu. “Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Landasan Membangun Sistem Pendidikan Islami.†Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim 12, no. 1 (2014): 1–18. http://jurnal.upi.edu/file/01_-_Landasan_Filosofis_Pendidikan_Islam_-_Rizal.pdf.

Roswantoro, Alim. “Filsafat Sosial-Politik Plato Dan Aristoteles.†Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 15, no. 2 (2015): 123–38.

Rusmini. “Dasar Dan Jenis Ilmu Pengetahuan.†Jurnal Biologi 5 (2014): 79–94.

Saifullah. “Renaissance Dan Humanisme Sebagai Jembatan Lahirnya Filsafat Modern.†Jurnal Ushuluddin 22, no. 2 (2014): 133–44.

Satrijo Budiwibowo. “KAJIAN FILSAFAT ILMU DAN FILSAFAT PENDIDIKAN TENTANG RELATIVISME KULTURAL DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT MORAL Satrijo Budiwibowo *.†Filsafat Pendidikan 02 (2004): 10–20.

Saumantri, Theguh. “Wacana Integrasi Ilmu Dalam Pandangan Al-Ghozali.†JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan 5, no. 2 (2019): 128. https://doi.org/10.24235/jy.v5i2.5711.

Shaker, Anthony F. “Modernity, Civilization and the Return to History.†Journal of Islamic Studies, 2017, 1–3. https://doi.org/10.1093/jis/etx087/4636666.

Singer, Peter. “Ethics.†In Britannica. Britannica.com, 2022. www.britannica.com/topic/ethics-philosophy. Accessed 11 January 2023.

Soelaiman, Darwis A. Filsafat Ilmu Pengetahuan Pespektif Barat Dan Islam, 2019.

Somawati, AV. “FILSAFAT KETUHANAN MENURUT PLATO DALAM PERSPEKTIF HINDU.†Genta Hredaya 4, no. 1 (2020): 31–40. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201.

Sondarika, Wulan. “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Yunani Dari Abad Ke-5 Sm Sampai Abad Ke-3 Sm.†Jurnal Artefak 8, no. 1 (2021): 87. https://doi.org/10.25157/ja.v8i1.5170.

Suaedi. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press, 2016.

Sudiantara, Yoshepus. Filsafat Ilmu. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata, 2020.

Sulaiman, Kabuye Uthman. “Civilization: History, Description, Common Characteristics and Importance.†Journal of Education and Social Sciences 5, no. October (2016): 27–38. https://www.jesoc.com/wp-content/uploads/2016/11/JESOC5_25.pdf.

Sumarna, Cecep. Filsafat Ilmu. Edited by Engkus Kuswandi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020.

Suwarno, Suwarno. “Kejayaan Peradaban Islam Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan.†Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam 2, no. 2 (2019): 165. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.5105.

Syarifuddin. “Agama Dan Benturan Peradaban.†Substantia 16, no. 2 (2014): 229–42.

Tamrin, Abu. “Relasi Ilmu, Filsafat Dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu.†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 6, no. 1 (2019): 71–96. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10490.

Widyawati, S. “Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan.†Gelar: Jurnal Seni Budaya 1, no. 1 (2013): 87–96.

Yulanda, Atika -. “Epistemologi Keilmuan Integratif-Interkonektif M. Amin Abdullah Dan Implementasinya Dalam Keilmuan Islam.†TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin 18, no. 1 (2020): 79–104. https://doi.org/10.30631/tjd.v18i1.87.

Yunus, Miftah. Al-Ribash, Al-Muassasat Al-Ta’limiyah Fi Al‘Asr Al-‘Abbasi Al-Awwal (132-232H). LIbia: Dar al-Kutub al-Wathani, 2010.

Zakariya, Din Muhammad. “Development of Islamic Thought and Civilization In.†Studia Religia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 167–77.

Zarkasyi, Fahmi Hamid. “Tamaddun Sebagai Konsep Peradaban Islam.†Tsaqafah 11, no. 1 (2015): 1–28.




DOI: 10.24235/jy.v9i1.12926

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 

Â