TASAWUF NUSANTARA: STUDI TAREKAT HIZIB NAHDLATUL WATHAN

Sadip Indra Irawan(1*), Siti Nurjannah(2),


(1) STAINU JAKARTA
(2) STAINU JAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Di antara tarekat-tarekat mu’tabarah yang berkembang di Nusantara sebagaian besar adalah berasal dari Timur tengah, seperti tarekat Qadiriyah, Naqsabandiyah, Syadziliyah, Khalwatiyah, Syattariah dan lain-lain. Ada yang memiliki silsilah sanad yang jelas dengan urutan mata rantai yang panjang dan bersambung sampai ke Rasulullah SAW. Namun ada juga yang mengklaim diri lansung ditalqin oleh Rasulullah SAW sehingga silsilahnya tidak begitu panjang, sebagaimana tarekat pada umumnya. Salah satunya adalah Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan sebuah tarekat yang berasal dan didirikan oleh ulama Nusantara  bernama Tuan Guru Haji Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Berdasarkan hal itu, maka tulisan ini akan berupaya membahas tentang salah satu tarekat asli Nusantara yang bernama Tarekar Hizib Nahdlatul Wathan, meliputi pembahasan tentang sejarah, ajaran dan ritualnya.

 

Kata Kunci: Tarekat, Sanad, HAMZANWADI, Hizib NW


Full Text:

PDF

References


Al-Masysyat Hasan bin Muhammad. 1990. Al-Jawahir al-Tsaminah fi Bayani Adillati ‘Alimil Madinah. Mekkah: Dar al-Gharbi al-Islamiy.

Aziz Abdul, Praktek Pseudo Thariqat. 1996. Memeluk Tradisi di Alam Modern: Studi Tentang Kelompok Hizib Nahdlatul Wathan di Lombok dan Mujahadah di Semarang. Penelitian Puslitbang Departemen Agama RI. No 44, XX.

Badri M. Nasihun, dalam Religi Majalah Dwi Mingguan. 2008. Vol.2 No. 24/2008, Religi Guna Mandiri, Mataram NTB,h. 38. Dikutip oleh Harapandi Dahri (et.al).

Bruinessen Martin Van. 2015. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publising.

Dahri Harapandi, dkk. 2010. Reposisi Tarekat Hizib NW dalam Tarekat Mu’tabarah di Indonesia. Jakarta: Penamadani bekerjasama dengan STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiyah Jakarta.

Daniawan Fadly. 2011. Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan di Jakarta. skripsi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Studi Arab. Universitas Indonesia. Jakarta.

Hamdi Saipul. 2014. Nahdlatul Wathan di Era Reformasi: Agama, Konflik Komunal dan Peta Rekonsiliasi. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Majid Muhammad Zainuddin Abdul. Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru.

. 2002. HizibNahdlatul al-Wathan, Hizib Nahdlatul al-Banat. Jakarta:Nahdlatul Wathan Jakarta.

Masnun, Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. 2007. Gagasan dan Gerakan Pembaharuan Islam di Nusa Tenggara Barat. Tanpa Kota Terbit: Pustaka al-Miqdad.

Noor Muhammad dkk. 2004. Visi Kebangsaan Religius Refleksi Pemikiran dan Perjuangan Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainiddin Abdul Majid 1904-1997. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Nu’man Abdul Hayyi. 1999. Riwayat Hidup dan Perjuangan TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid. Pancor: PBNW.

Schimmel Annemarie. 2000. Dimensi Mistik Islam, diterjemahkan oleh Sapardi Djoko Damono (et. al.) dari Mystical Dimension Of Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Umar Imron Abu. 1980. Di Sekitar Masalah Thariqah Naqsyabandiyah. Kudus: Menara Kudus.




DOI: 10.24235/jy.v2i2.1290

Article Metrics

Abstract view : 1312 times
PDF - 892 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.