SEJARAH PEMIKIRAN ISLAM RASIONAL DALAM KARYA-KARYA HARUN NASUTION (1919-1998)

Mahrus eL-Mawa(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Kajian tentang pemikiran modern dalam Islam merupakan satu tahapan yang tak terpisahkan dari pembelajaran di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Namun sangat disayangkan bahwa kajian tentang pemikiran modern dalam Islam terlalu banyak menitik beratkan pada pengkajian pemikir muslim dari Timur Tengah ataupun pemikir muslim non-Indonesia. Oleh karena itu, tulisan ini akan membahas mengenai salah satu tokoh muslim modernis Indonesia yang mempunyai perang penting dalam meletakan kajian pemikiran modern dalam Islam, yaitu Harun Nasution (1919-1998). Kesimpulannya bahwa menurut Harun Nasution ada beberapa teori dasar berkaitan dengan pemikiran modern dalam Islam, antara lain bahwa pembaharuan harus menggunakan rasionalitas dan menempatkan kemampuan untuk merubah nasibnya. Selain itu modernitas yang terdapat Islam pada awalnya adalah modernitas material, namun kemudian merubah menjadi modernitas intelektual atau kultutral untuk mengejar ketertinggalan dari Barat.

 

Kata Kunci: Modernis, Modernitas, Rasionalitas


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. 2002. Studi Agama: Normativitas atau Historisitas ?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martin, Richard C. and Mark R. Woodward with Dwi S. Atmaja. 1997. Defenders of Reason in Islam: Mu’tazilism from Medieval School to Modern Symbol, England: Oneworld Oxford.

Muzani, Saiful. “Reaktualisasi Teologi Mu’tazilah bagi Pembaharuan Umat Islam: Lebih dekat dengan Harun Nasution”, Ulumul Qur’an. Nomor 4. Vol.IV. Th. 1993. “Rubrik PAKAR”.

Nasution, Harun. 1986. Islam : Ditinjau dari berbagai aspeknya I-II. Jakarta: UI Press,. Cet. VI

_______.1987. Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah. Jakarta: UI Press,.

_______.1996. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan. Cet. IV

_______.1994. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang, cet. X

_______.,dan Azymardi Azra (penyunt.). 1985. Perkembangan Modern Dalam Islam. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.. Sekaligus memberikan “Kata Pengantar”.

Nata, Abuddin. 1998. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Putro, Suadi. 1998. Muhammed Arkoun Tentang Islam dan Modernitas. Jakarta: Paramadina.

Rahman, Budhy Munawar. “Dari Tahapan Moral ke Periode Sejarah: Pemikiran Neo-Modernisme Islam di Indonesia”, Ulumul Qur’an. No.3. Vol.VI.Th.1995

Rasyidi, HM. Koreksi Terhadap DR.Harun Nasution tentang “Islam Ditinjau Berbagai Aspeknya”. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.

Riclefs, M.C. 2010. Sejarah Indonesia Modern 1200-2008, penterj. Tim serambi. Bandung, Serambi, cet. III.

Tim. 1989. Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam: 70 Tahun Harun Nasution. LSAF.




DOI: 10.24235/jy.v2i2.1246

Article Metrics

Abstract view : 809 times
PDF - 579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.