PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME TERHADAP PEMEROLEHAN KEBENARAN DALAM WACANA OPINI PADA HARIAN KOMPAS ONLINE
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Ide sebagai sebuah konstruksi yang dipandang oleh aliran idealisme yang menyatakan bahwa kebenaran seseorang terletak pada ranah ide yang dihasilkan mengenai sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemerolehan kebenaran yang terdapat dalam wacana opini pada harian Kompas online. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Penyediaan data pada penelitian ini menggunakan teknik pustaka, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Teknik pustaka digunakan dalam penelitian ini untuk menemukan teks yang berhubungan dengan objek penelitian yaitu berupa wacana opini. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan yang terdapat wacana opini yang diterbitkan pada bulan Oktober 2022 pada harian Kompas online yang merupakan pendapat dari penulis opini, sedangkan sumber data pada penelitian ini berupa laman www.kompas.id yang didalamnya terdapat salah satu rubrik berupa wacana opini. Data-data yang telah ditemukan pada wacana opini yang terdapat pada harian Kompas online tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis wacana kritis (AWK) model Teun A. Van Dijk. Simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini bahwa opini yang disampaikan oleh seseorang pada rubrik Kompas online dilihat dari perspektif filsafat idealisme, dunia ide atau gagasan sebagai dunia tertinggi dalam pemerolehan kebenaran. Hal tersebut sebagaimana gagasan maupun ide yang disampaikan oleh penulis opini dalam wacana opini yang ditulisnya pada harian Kompas online yang didasarkan dari proses penginderaan terhadap konteks situasi yang dilihat oleh penulis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, R. Lanier. “Transcendental Idealism as Formal Idealism.†European Journal of Philosophy 30, no. 3 (2022): 899–923. https://doi.org/10.1111/ejop.12753.
Andhita, Pundra Rengga. “Pendampingan Penulisan Opini Media Daring Pada PC IMM Banyumas Dengan Pendekatan Group Achievement.†Warta LPM 24, no. 2 (March 19, 2021): 230–38. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/11697/6561.
Atabik, Ahmad. “Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu: Sebuah Kerangka Untuk Memahami Konstruksi Pengetahuan Agama.†Fikrah 2, no. 1 (2014): 253–71.
Besa, L M, and G O Gonong. “Linguistic Identity of Conference Messages in the Philippines.†Journal of Positive School Psychology 6, no. 3 (2022): 3614–23. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/2150%0Ahttps://journalppw.com/index.php/jpsp/article/download/2150/1322.
Boodnah, Roshan, and Badoreea Churita Devi. “A Comparative Study Between YogÄcÄra Vijn ̃ Ä€navÄda with Berkeley’s Subjective Idealism.†Language in India 22, no. 11 (2022): 1–16.
Coulthard, Malcolm, and C N Condlin. An Introduction to Discourse Analysis. Routledge, 2014.
Dewantara, Agustinus Wisnu. “Pendidikan Agama Dalam Perpektif Filsafat Idealisme.†Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK) 22, no. 1 (2022): 20–27.
Dick, Hilary, and Jake Nightlinger. “Discourse Analysis,†November 9, 2020, 1–10. https://doi.org/10.1002/9781118786093.iela0103.
Dunham, J. W. S. H. G. I. Idealism: The History of a Philosophy. London: Routledge Taylor & Francis Gro, n.d.
Etuk, A R. “An Exposition of the Cognitive Problems in Recher’s Coherentist Truth Criteriology.†LWATI: A Journal of Contemporary Research 19, no. 1 (2022): 155–73.
Fairclough, Norman. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. 2nd ed. London: Routledge, 2013.
Farmani, Yusef, Sharareh Habibi, and Mehdi Kelantari. “Investigating the Effective Factors on Students’ Academic Engagement through the Schools of Idealism, Realism and Pragmatism.†Iranian Evolutionary and Educational Psychology 4, no. 1 (2022): 115–23. https://doi.org/10.52547/ieepj.4.1.115.
Fathoni, AB. Musyafa’. “Idealisme Pendidikan Plato.†Tadris 5, no. 1 (2010): 98–110.
Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–47.
Han, Cunxin. “How to Do Critical Discourse Analysis: A Multimodal Introduction.†Australian Journal of Linguistics 35, no. 4 (April 24, 2015): 1–4. https://doi.org/10.1080/07268602.2015.1033673.
Hasanah, M, and Dawud. “Argumentasi Dalam Artikel Opini Surat Kabar Media Indonesia.†Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 1, no. 2 (2017): 12–22. https://doi.org/10.17977/um008v1i22017p012.
Irawan, Bambang. “Intuisi Sebagai Sumber Pengetahuan: Tinjauan Terhadap Pandangan Filosof Islam.†Jurnal Theologia 25, no. 1 (2014). https://doi.org/10.21580/teo.2014.25.1.342.
Kastrup, Bernardo. “On the Plausibility of Idealism: Refuting Criticisms.†Disputatio IX, no. 44 (2017): 13–34. https://doi.org/10.2478/disp-2017-0025.
Kelly, G A. Idealism, Politics and History: Sources of Hegelian Thought. Cambridge University Press, 2010.
Khotimah, Aisah Nurul, and Yunus Sulistyono. “Kajian Wacana Unggahan @Naseeha.Muslimah Berdasarkan SPEAKING Dell Hymes.†Penal Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5, no. 2 (2022): 111–25.
Kodaj, Daniel. “Humean Idealism.†Australasian Journal of Philosophy 0, no. 0 (2021): 1–17. https://doi.org/10.1080/00048402.2021.1973521.
Luhmann, Niklas. Theory of Society Volume 1. Stanford University Press, 2020.
Mahsun. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, Dan Tekniknya. 3rd ed. Depok: Rajawali Pers, 2019.
Masi, Marco. “Vitalism and Cognition in a Conscious Universe.†Communicative and Integrative Biology 15, no. 1 (2022): 121–36. https://doi.org/10.1080/19420889.2022.2071102.
Masih, Y. A Crtitical History of Western Philosophy. 5th ed. Delhi: Motilal Banarsidass Publishers, 2016.
Mirzamohammadi, M, H Elieen, and G Hassani. “The Comparative Study of Aims of Education from Idealism and Pragmatism Point of View.†Teaching and Learning Research 6, no. 1 (2008): 45–52.
Mubin, Ali. “Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme.†Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 2 (2019): 25–39. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1801.
Muslim, Ahmad. “Landasan Filsafat Idealisme Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.†JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health 1, no. 1 (2022): 34–40.
Mustafa, Alaa Muwafaq. “Idealism in Geoffrey Chaucer’s ‘General Prologue’ to The Canterbury Tales.†Journal of College of Education for Women 28, no. 5 (2021): 1–24.
Nasucha, Yakub, Harun Joko Prayitno, Miftakhul Huda, Ku-Ares Tuwandorloh, Yunus Sulistyono, Awla Akbar Ilma, and Teuku Afrizal. “The Nature of Truth: Investigation of Logic and Belief.†In PROFUNEDU 2019: Proceedings of the 4th Progressive and Fun Education, 175–83, 2019. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288416.
O’Brien-Kop, Karen. “Meditation, Idealism and Materiality: Vivid Visualization in the Buddhist ‘Qizil Yoga Manual’ and the Context of Caves.†Journal of Indian Philosophy 50, no. 2 (2022): 223–44. https://doi.org/10.1007/s10781-021-09495-w.
Prayogi, Arditya. “Paradigma Positivisme Dan Idealisme Dalam Ilmu Sejarah: Tinjauan Reflektif Terhadap Posisi Sejarah Sebagai Ilmu.†Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 21, no. 1 (2021): 75–90.
Rasuki. “Problem Filsafat Yang Tidak Tuntas.†Kariman 8, no. 1 (2020): 67–78.
Schütze, Robert. “German Idealism after Kant: Nineteenth-Century Foundations of International Law.†Journal of the History of International Law 2, no. 4 (2022): 1–37. https://doi.org/10.1163/15718050-bja10078.
Septiyadi, Cika Anugrah, Zahrotul Khafifah, Adesilvi Saisatul Khumairoh, and Achmad Fauzan Hidayatullah. “Truth Dan Post Truth Dalam Perspektif Al-Kindi Pada Era Milenial (Media Sosial).†Jurnal Penelitian Humaniora 22, no. 1 (2021): 40–50. https://doi.org/10.23917/humaniora.v22i1.9344.
Soleh, Anjas Rusdiyanto, and Atiqa Sabardila. “Representation of Language Variations in Presenting Opinion Discourse Titles in Kompas Daily.†Komposisi:Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni 23, no. 1 (2022): 53–69.
Sudaryanto. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Supena, Ilyas. “Konstruksi Epistemologi Fikih Pandemik: Analisis Fatwa-Fatwa MUI.†Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 15, no. 1 (2021): 121–36. https://doi.org/10.24090/mnh.v15i1.4203.
Witro, Doli. “Nilai Wasathiyah Dan Harakah Dalam Hukum Ekonomi Syariah: Sebuah Pendekatan Filosofis Sikap Dan Persepsi Bankir Terhadap Bunga Bank.†Al-Huquq: Journal of Indonesian Islamic Economic Law 3, no. 1 (2021): 14–33. https://doi.org/10.19105/alhuquq.v3i1.4570.
Wuta, Rodwell Kumbirai. “Platonic Influence on Zimbabwe’s Updated Curriculum 2015 -2022.†Indiana Journal of Humanities and Social Sciences 3, no. 3 (2022): 54–61.
Yanuarti, Eka. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme.†Balajea: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (2016): 145–66.
DOI: 10.24235/jy.v9i1.12011
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â