ANALISIS SEMIOTIK JOHN FISKE: KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM PROGRAM TV THE HOTMAN
(1) Universitas Padjajaran
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author
Abstract
Peran perempuan dalam media massa, khususnya televisi sulit untuk dipisahkan terkait bagaimana ia ‘digambarkan’ agar menghibur ketika ditonton. Program televisi The Hotman memerlihatkan bagaimana perempuan dikomodifikasi lewat kebertubuhannya agar dapat menarik perhatian penontonnya. Penggunaan perempuan sebagai komoditi di dalam praktek kapitalisasi media membuat sejumlah persoalan terkait dengan bagaimana teks atau tanda terhadap kebertubuhan perempuan dibentuk. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana teks-teks yang mengomodifikasi pada kebertubuhan perempuan dalam program televisi The Hotman dijelaskan menggunakan Semiotik John Fiske meliputi kode-kode yang ada pada 3 tahapan yaitu level realitas, level representatif dan level ideologi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada level realitas, peran perempuan menjadi sekunder dan ditampilkan hanya karena bentuk kebertubuhannya serta juga penggunaan pakaian, makeup dan gestur dibuat agar dapat menjadi daya tarik bagi penontonnya. Sedangkan pada level representasi, penggunaan teknik editing, pemilihan shot, musik dan suara memperkuat objektifikasi pada kebertubuhan perempuan lewat narasi, pemilihan peran, dialog dan karakter berupa perilaku yang sering membahas hal-hal yang syarat seksual secara ambiguitas. Terakhir pada level ideologis, The Hotman sengaja menggunakan tubuh perempuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis. Program acara televisi ini bukan hanya dilihat sebagai acara hiburan semata, tetapi secara ideologis lebih melihat pada tubuh perempuan sebagai komoditas dibandingkan sebagai eksistensi seseorang (misal keterampilan, profesi, bakat maupun pencapaian perempuan). Sistem kapitalisasi media secara sengaja terus melanjutkan komodifikasi terhadap kebertubuhan perempuan karena dinilai menguntungkan secara ekonomi tanpa memahami resiko yang berakibat pada perempuan itu sendiri.
Kata Kunci: Komodifikasi, Kebertubuhan Perempuan, Semiotik John Fiske, Televisi, The Hotman
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afneta, Andrine Prima. “Komodifikasi Kebertubuhan Perempuan Dalam Wacana Erotika Dan Pornografi Pada Tayangan Televisi.†Jurnal Komunikasi Indonesia 4, no. 2 (2018). https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8892.
Alifa, Nurvina. “Antara Perlindungan Dan Pembatasan : Seksualitas Dan Perempuan Dalam Pandangan KPI,†2013, 1–35.
Balaji, V. “Objectification and Commodification of Women in the Visual Media: A Critical Study,†2018. http://14.139.58.147:8080/jspui/bitstream/123456789/294/1/27LLM18.pdf.
Beauvoir, Simone De. The Second Sex. New York City: ‎Vintage Books, 1989.
Berberick, Stephanie Nicholl. “The Objectification of Women in Mass Media: Female Self-Image in Misogynist Culture Stephanie Nicholl Berberick, University at Buffalo.†The New York Sociologist 5 (2010): 1–15.
Bernard, Philippe, Joanne Content, Lara Servais, Robin Wollast, and Sarah Gervais. “An Initial Test of the Cosmetics Dehumanization Hypothesis: Heavy Makeup Diminishes Attributions of Humanness-Related Traits to Women.†Sex Roles 83, no. 5–6 (2020): 315–27. https://doi.org/10.1007/s11199-019-01115-y.
Bram, Barli. “INDONESIAN GENDER-SPECIFIC NEOLOGISMS,†no. 2 (2020): 105–21.
Bungin, Burhan. Pornomedia : Konstruksi Sosial Teknologi Telematika Dan Perayaan Seks Di Media Massa. 1st ed. Bogor: Kencana, 2003. https://lib.ui.ac.id/detail?id=16546.
Damkar. “Mengenal Baju Tahan Panas Milik Pemadam Kebakaran.†damkar.bandaacehkota.go.id, 2020. https://damkar.bandaacehkota.go.id/2020/08/12/mengenal-baju-tahan-panas-milik-pemadam-kebakaran/.
Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS, 2001.
Fitriana, Rizki. “Perempuan Dan Sensualitas: Bentuk Komudifikasi Tubuh Perempuan Melalui Body Image Yang Dikonstruksikan Didalam Iklan EXE.†Jurnal Unair 1, no. 2 (2005). http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/comm13ef248188full.pdf.
Fredrickson, Barbara L., and Tomi Ann Roberts. “Toward Understanding Women’s Lived Experiences and Mental Health Risks.†Psychology of Women Quarterly 21, no. 2 (1997): 173–206. https://doi.org/10.1111/j.1471-6402.1997.tb00108.x.
Hostetter, Autumn B., and Martha W. Alibali. “Visible Embodiment: Gestures as Simulated Action.†Psychonomic Bulletin and Review 15, no. 3 (2008): 495–514. https://doi.org/10.3758/PBR.15.3.495.
KA, Wani. “Commodification of Women in Advertising: The Social Cost.†Journal of Entrepreneurship & Organization Management 05, no. 01 (2016): 1–3. https://doi.org/10.4172/2169-026x.1000167.
KBBI. “Definisi Tancap,†2012. https://kbbi.web.id/tancap.
Kellie, Dax J., Khandis R. Blake, and Robert C. Brooks. “Behind the Makeup: The Effects of Cosmetics on Women’s Self-Objectification, and Their Objectification by Others.†European Journal of Social Psychology 51, no. 4–5 (2021): 703–21. https://doi.org/10.1002/ejsp.2767.
KPI. “Langgar Norma Kesopanan, KPI Beri Sanksi ‘Hotman Paris Show’ INews.†kpi.go.id, 2020. https://kpi.go.id/index.php/id/umum/38-dalam-negeri/35588-langgar-norma-kesopanan-kpi-beri-sanksi-hotman-paris-show-inews.
Kumar, Keval J. “Poverty, Advertising and the Indian News Media.†Media Development 55, no. 1 (2008).
Lainufar, Inas Rifqia. “Profil Biodata Maria Vania, Presenter Seksi Diduga Punya Hubungan Spesial Dengan Billy Syahputra.†INews. March 13, 2022. https://www.inews.id/lifestyle/seleb/profil-biodata-maria-vania.
Langton, Rae. “Pornography : A Liberal ’ s Unfinished Business†XII, no. l (1999): 40–42.
Moore MM. “Nonverbal Courtship Patterns in Women: Context and Consequences.†Ethology and Sociobiology 6, no. 4 (1985): 237–47.
Moore, Monica M., and Diana L. Butler. “Predictive Aspects of Nonverbal Courtship Behavior in Women.†Semiotica 76, no. 3–4 (1989): 205–16. https://doi.org/10.1515/semi.1989.76.3-4.205.
Mosco, Vincent. The Political Economy of Communication. 2nd ed. London: SAGE Publications Ltd, 2009. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.4135/9781446279946.
Nayahi, Manggala. “Objektifikasi Perempuan Oleh Media: Pembakuan Identitas Perempuan Dan Dominasi Kekuasaan Laki-Laki.†Jurnalperempuan, 2015. https://www.jurnalperempuan.org/wacana-feminis/objektifikasi-perempuan-oleh-media-pembakuan-identitas-perempuan-dan-dominasi-kekuasaan-laki-laki.
Neuman, W.L. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Needham Heights: MA: Allyn, 1997.
Nida, Faridatun. “Kesepadanan Penerjemahan Iklan Kecantikan Dalam Brosur Travel in Style.†Deskripsi Bahasa 1, no. 2 (2018): 91–102. https://doi.org/10.22146/db.v1i2.327.
Noverina, Veven Mira, Dadang Hikmah Purnama, and Faisal Nomaini. “Identitas Kelompok Pecinta Mobil Daihatsu Ayla Palembang†8364 (2019): 49–64.
Priyo, SM. Telaah Kritis Potret Perempuan Di Media Massa : Adakah Yng Berubah? Jakarta: PT. Primamedia Pustaka, 2004. https://inlis.kemenpppa.go.id/opac/detail-opac?id=3198.
Rivkin, Julie, and Michael Ryan. Second Edition Second Edition. Edited by Julie Rivkin and Michael Ryan. Blackwell Publishing Ltd. 2nd ed. Victoria: Blackwell Publishing Ltd, 2004.
Rusen, Jorn. “HISTORICAL NARRATION: FOUNDATION, TYPES, REASON JORN.†History and Theory 26, no. 4 (1987).
Saptandari, Pinky. “Beberapa Pemikiran Tentang Perempuan Dalam Tubuh Dan Eksistensi.†Surabaya: BioKultur 2, no. 1 (2013): 53–71. http://journal.unair.ac.id/BK@beberapa-pemikiran-tentang-perempuan-dalam-article-6247-media-133-category-8.html.
Sharda, Adhikari. “Media and Gender Stereotyping: The Need for Media Literacy.†International Research Journal of Social Sciences 3, no. 8 (2014): 43. www.isca.me.
Subono, Nur Iman. Negara Dan Kekerasan Terhadap Perempuan. 1st ed. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan, 2000.
Syarifah. Kebertubuhan Perempuan Dalam Pornografi. Jakarta: Yayasan Kota Kita, 2006. https://perpustakaan.komnasperempuan.go.id/web/index.php?p=show_detail&id=2441&keywords=.
Synnott, Anthony. Tubuh Sosial : Simbolisme, Diri, Dan Masyarakat. Edited by MH. Abid. Bandung: Jalasutra, 2007.
Tjahjono, N C, F Lesmana, and ... “Star Studies Terhadap Images Hotman Paris Hutapea.†Jurnal E-Komunikasi, 2020. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10882.
Tomasulo, Frank P. “Alfred Hitchcock’s Shadow of a Doubt and Rear Window: Gender, Sexuality, Moral Ambiguity, Cinema.†Academia, 2010.
TransMedia. “The Hotman.†In Wikipedia. Wikipedia, 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/The_Hotman.
Wahyuningsih, Sri. “Efek Komodifikasi Perempuan Dalam Iklan : Perspektif Psikologi Komunikasi.†Pamator 5, no. 1 (2012): 30–40.
West, Richard, and Lynn Turner. Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York City: McGraw-Hill Education, 2021. https://www.mheducation.com/highered/product/introducing-
DOI: 10.24235/jy.v8i2.11493
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By :Â
           ÂEditorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com
Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.Â
Â