KEMAMPUAN PEMAHAMAN TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PAI: DENGAN MENGGUNAKAN SPSS VERSI 26
(1) PASCASARAJANA UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Pemahaman Siswa (KPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, berdasarkan 3 kelompok model pembelajaran yang berbeda (Independent sample). Hal ini penting untuk dibahas agar guru bisa memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran melalui penerapan berbagai model pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Kuantitatif Deskriptif Pasipatoris. Partisipan pada penelitian ini adalah 20 siswa Kelas VIII A, 20 siswa kelas VIII B dan 20 siswa kelas VIII C MTs Libasut Taqwa. Instrumen yang digunakan adalah hasil ulangan harian dari tiga kelompok belajar yang berbeda dengan menggunakan 3 model pembelajaran yang berbeda yaitu Think Pair Share (TPS), Think Pair Square (PTSq) dan Konvensional(Ceramah), kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan Kemampuan Pemahaman Siswa (KPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, antara siswa yang belajar dengan TPS dan siswa yang belajar dengan TPSq dan Konvensional. Kemampuan Pemahaman Siwa pada Model Pembelajaran Pair Think Share (PTS), mendapatkan nilai rata-rata tertinggi dibanding dengan model pembelajaran Pair Think Square (PTSq) dan Konvensional. Hal ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran dan Faktor Asal Sekolah tidak memberikan pengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Qur’an Hadits Siswa.
References
Alawiyah, F. (2014). Islamic School Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449
Fathurrahman, P. (2002). Visi Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Alqalam, 19(95), 5. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.460
Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), 704–719. https://doi.org/10.22373/JM.V5I2.630
Karyawati, N. K., Murda, I. N., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair square berbantuan kartu kerja terhadap hasil belajar matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2211
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Mustofa, A. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 1(2), 89–121.
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). PENINGKATAN KERJASAMA SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN THINK PAIR SHARE. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(1). https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.764
Oktradiksa, A., Sari, K. P., & Shalikhah, N. D. (2017). PKU Bagi MI Muhammadiyah Madukoro dan Wonogiri Kabupaten Magelang Melalui Implementasi Standar Nasional Pendidikan Dasar Dalam Pengembangan Mutu Madrasah. 53–58.
Robiansyah, F. (2010). Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Mahasiswa. Upi, 1–13. http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_14-Oktober_2010/Integrasi_Pendidikan_Nilai_Dalam_Pembelajaran_Pendidikan_Agama_Islam_di_Sekolah_Dasar_Sebagai_Upaya__Pembinaan_Akhlak_Siswa.pdf
S.Winataputra, U. (2006). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Belajar Dan Pembelajaran, 9.
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474
Sumaryati, E. (2013). PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF DISERTAI STRATEGI THINK-PAIR-SQUARE-SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Infinity Journal, 2(1), 26. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.22
Susanto, H., Ardli, I., & Delle, J. (2018). STATISTIK INFERENSIAL Teori dan Aplikasinya. In rajawali pers (Vol. 2, Issue 12). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Ulvah, S., Afriansyah, E. A., Studi, P., & Matematika, P. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. 2(2), 142–153.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Yusuf, A. (2010). KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ). 85–95.
DOI: 10.24235/ath.v31i1.6758
Article Metrics
Abstract view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.