DINAMIKA PENDIDIKAN DI PESANTREN TEBUIRENG DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT JOMBANG 1948-1975 M

M. Alamil Huda(1*), Miftahul Khoiri(2), Nur Anwar(3),


(1) 
(2) IAIN Salatiga. UIN Sunan Kalijaga. UIN Sunan Ampel Surabaya.
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini berjudul Dinamika Pendidikan di Pesantren Tebuireng dan pengaruhnya terhadap masyarakat Jombang tahun 1948-1975 M. Dalam perspektif historis, Pesantren Tebuireng merupakan pesantren besar yang sangat berpengaruh dalam mengusir kolonial, serta menjunjung tinggi ajaran pendidikan keislamannya. Semua itu ditunjang dengan banyaknya santri dari berbagai daerah maupun wilayah yang menempuh pendidikan di Pesantren Tebuireng. Artikel ini memfokuskan pada tiga hal, yakni asal muasal munculnya Pesantren Tebuireng. Dinamika pendidikan di Pesantren Tebuireng. Serta pengaruh pendidikan terhadap masyarakat Jombang. Kajian artikel ini memperlihatkan bahwa, munculnya Pesantren Tebuireng Jombang ke ranah publik merupakan merupakan wujud kepedulian dari sang pendiri pesantren (K. H. Hasyim Asyari) dalam mengentas masyarakat dalam jurang kejahiliyaan. Karena daerah Tebuireng saat itu merupakan perwujudan dari masyarakat Arab jahiliyah, seperti judi, maksiat, zina, perampokan, serta penindasan. ditambah dengan adanya pabrik gula di daerah Tebuireng yang membuat masyarakat menjadi henonis serta berfoya-foya dengan dimilikinya banyak uang sebagai bayaran dari upah pabrik. Dinamika pendidikan di Pesantren Tebuireng dalam kurun waktu 1948-1975 tersebut terperiodesasikan dalam empat waktu, yakni periodesasi tradisional yang terlihat pendidikan di dalam pesantren ini masih primitive, dengan masih berbentuk halaqoh dan belum terdapat ruangan maupun bangku. Periode transisi, karena ditinggalnya pengasuh yang kompeten, serta berubahnya kebijakan pendidikan nasional. Periodesasi semi modern, dengan adanya ruangan sebagai tempat belajar berkelas, serta unituninya yang semakin banyak, dan sistemnya sudah banyak memasukan pelajaran umum. Periodesasi modern, yang melahirkan unit-unit sekolah umum seperti SMP, SMA, serta didirikannya perguruan tinggi. Pengaruh pendidikan terhadap masyarakat Jombang terkelompokkan dalam tiga bidang, bidang pendidikan, bidang ekonomi, serta bidang keagamaan.

Kata Kunci: Dinamika, Pendidikan, Pesantren Tebuireng, Masyarakat Jombang.

ABSTRACT

This article is entitled Educational Dynamics at the Tebuireng Islamic Boarding School and its influence on the Jombang community in 1948-1975 M. All of this is supported by the large number of students from various regions and regions who are studying at the Tebuireng Islamic Boarding School. This article focuses on three things, namely the origin of the emergence of the Tebuireng Islamic Boarding School. The dynamics of education at the Tebuireng Islamic Boarding School. And the influence of education on the people of Jombang. The study of this article shows that the emergence of the Tebuireng Jombang Islamic Boarding School into the public sphere is a manifestation of the concern of the founder of the pesantren (K. H. Hasyim Asyari) in eradicating the community in the abyss of ignorance. Because the Tebuireng area at that time was the embodiment of the ignorant Arab society, such as gambling, immorality, adultery, robbery, and oppression. coupled with the existence of a sugar factory in the Tebuireng area, which makes the people become henonic and indulge in having a lot of money as payment for the factory wages. The dynamics of education at the Tebuireng Islamic Boarding School in the period 1948-1975 were periodized in four times, namely the traditional periodization which seen that education in this pesantren was still primitive, still in the form of halaqoh and there were no rooms or benches. Transition period, due to the departure of competent caregivers, as well as changes in national education policies. Semi-modern periodization, with a room as a classy learning place, as well as more and more units, and the system has included a lot of general lessons. Modern periodization, which gave birth to public school units such as SMP, SMA, and the establishment of universities. The influence of education on the people of Jombang is grouped into three fields, namely education, economics, and religion.

Keywords: Dynamics, Education, Tebuireng Islamic Boarding School, Jombang Community.

Keywords


Keywords: Dynamics, Education, Tebuireng Islamic Boarding School, Jombang Community.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Nurcholish Madjid. (1999). Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Maksum. (1999). Madrasah: Sejarah dan Perkembangan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi SAW sampai Ulama Nusantara. Jakarta: Kalam Mulia.

Bulu’. (2012). Reformasi Pendidikan: Studi Kasus Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo. Makasar: Alauddin Press.

A. Mubarok Yasin dan Fathurrahman Karyadi. (2011). Profil Pesantren Tebuireng. Jombang: PUSTAKA TEBUIRENG.

Team PDP. (1979). Tebuireng dari Masa Ke Masa. Jombang: Pondok Pesantren Tebuireng.

Olman Dahuri, dan Nida’ Fadlan. (2015). Pesantren-pesantren berpengaruh di Indonesia. T. T: Erlangga.

Aboebakar. (2011). Sejarah Hidup K. H. A Wahid Hasjim. Bandung: PT. Mizan Pustaka, ct. I.

Zamakhsyari Dhofier. (1982). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.

Nugroho Dewanto, dan KPG. (2011). Wahid Hasyim: Untuk Republik dari Jombang. Jakarta: TEMPO.

Salahuddin Wahid. (2011). Transformasi Pesantren Tebuireng: Menjaga Tradisi di Tengah Tantangan. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Imron Arifin. (1993). Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Malang: Kalimasahada Press.

M. Ridlwan Nashir. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M. Halwan, dan Yusuf Hidayat (ed). (T. Th) . Sang Pejuang Sejati K. H. Muhammad Yusuf Hasyim di Mata Sahabat dan Santri. T. T: Pustaka Ikapete.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentangUnsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

M. Amin Syukur. (2000). Pengantar Studi Islam. Semarang: CV. Bima Sakti.

Mohammad Daud Ali. (1998). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

M. Utsman Najati. (1985). al-Qur’an dan Ilmu Jiwa. Bandung: Pustaka.

WAWANCARA

Wawancara dengan H. M. Tamoenadjat di Rumahnya Dusun Seblak-Desa Kwaron Diwek-Jombang, pada tanggal 03 Maret 2020, Pukul 10:25 WIB.

Wawancara dengan H. Latief Bajuri di Rumahnya Desa Dempok-Diwek-Jombang, pada tanggal 18 Maret 2020, Pukul 13:15 WIB.

Wawancara dengan H. Shihabun Raso di Rumahnya Dusun Tebuireng, Desa Cukir, Diwek, Jombang, pada tanggal 22 Maret 2020, Jam 19:15 WIB.

Wawancara dengan K. H. Fahmi Amrullah Hadzik di Rumahnya Ndalem Pesantren Putri Dusun Tebuireng, Desa Cukir, Diwek, Jombang, pada tanggal 10 Maret 2020, jam 19:15 WIB.

Wawancara dengan K. Muhammad Zakki Hadzik di Rumahnya Ndalem Pesantren Masruriyyah Dusun Tebuireng, Desa Cukir, Diwek, Jombang, pada tanggal 23 Maret 2020, jam 18:38 WIB.

DOKUMEN ARTIKEL, JURNAL, SKRIPSI/TESIS/DISERTASI

Dokumen Rapor MTs Salafiyah Syafi’iyah Pesantren Tebuireng tahun ajaran 1965/1966.

Miftahul Khoiri. (2020). Pendidikan Islam di Pesantren Tebuireng Jombang tahun 1948-1975 M (Studi Perkembangan dan Dampak). Yogyakarta: Tesis Program Magister Sejarah Peradaban, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga.




DOI: 10.24235/tamaddun.v9i2.8873

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam

Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Published by Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, and Adab, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin,  and Adab, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamadun@gmail.com