“UNDANGAN” ISLAM KE SPANYOL: Trajektori, Negosiasi dan Konversi Kekuasaan

Rohasib Maulana(1*), Senata Adi Prasetia(2),


(1) Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Diskursus sejarah peradaban Islam yang cukup menarik untuk diulas adalah penaklukan Spanyol (Andalusia). Setelah sebelumnya menduduki Afrika Utara, umat Islam berlayar melalui kota-kota ke Spanyol. Selama penaklukan Spanyol, kekhalifahan Umayyah mengambil bagian dalam perjuangan umat Islam. Di bawah kepemimpinan tiga komandan utama Muslim; Tharif bin Malik, Tariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair, Islam berhasil menduduki Spanyol pada tahun 711 M. Saat itu umat Islam turut mewarnai sejarah Spanyol; hingga meninggalkan keindahan peradaban di segala bidang mulai dari ekonomi, pendidikan, budaya, dan pembangunan manusia, setelah konflik internal dan eksternal memisahkan dan menggerogoti kekuasaan Islam. Tulisan ini mengkaji masuknya Islam di Spanyol melalui 'undangan' dari pihak Spanyol untuk melawan hegemoni kekuasaan tirani Roderick dan menaklukkan Andalusia. Tulisan ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan, berupa kajian sejarah peradaban Islam Spanyol, dengan pendekatan filosofis-historis. Temuan artikel ini menunjukkan bahwa penaklukan Spanyol di bawah kekuasaan Muslim pertama kali dipelopori oleh tiga panglima besar; Tharif bin Malik, Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair. Islamisasi di Spanyol tidak terlepas dari “undangan” Julian agar tentara muslim bergabung dan menggempur hegemoni Roderick, raja Andalusia yang sedang berkuasa saat itu. Julian mengundang umat Islam untuk menaklukkan Andalusia, bahkan ia memberikan berbagai akses kemudahan dan memfasilitasitasi umat Islam dalam rangka misi menaklukkan Andalusia. Bangsa Spanyol sangat membutuhkan bantuan dari Muslim Afrika Utara. Bantuan yang membebaskan mereka dari cengkeraman diskriminasi dan penindasan penguasa, sehingga kaum Muslim tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan memutuskan untuk menerima tawaran kerjasama Julian, untuk menggulingkan raja Roderick dan menaklukkan Andalusia-Spanyol. Tulisan ini juga membuktikan bahwa Islamisasi di Spanyol tidak terlepas dari campur tangan atau keterlibatan penguasa lokal setempat

Keywords


Undangan, Spanyol, Trajektori, Negosiasi

Full Text:

PDF

References


Aizid, R. (2017). Pesona Baghdad & Andalusia: Meneropong Masa Kejayaan Islam di Baghdad dan Andalusia. Yogyakarta: Diva Press.

Alatas, A. (2007). Sang penakluk Andalusia: Tariq ibn Ziyad & Musa ibn Nusayr. Jakarta: Zikrul Media Intelektual.

Al-Ibadi, A. H. (1964). Al-Mujmal Fî Târîkh Al-Andalus. Beirut: Dar Al-Qalam.

Amin, S. M. (2015). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.

As-Sirjani, R. (2020). Bangkit Dan Runtuhnya Andalusia; Jejak Kejayaan Peradaban Islam Di Spanyol. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Chejne, A. G. (1973). “Islamization and Arabization in al-Andalus: A General View,” dalam Speros Vryonis (ed.) Islam and Cultural Change in the Middle Ages. Wiesbaden: Otto Harrassowitz.

Ibrahim, Q. A. dan Muhammad A. Saleh. (2014). Buku Pintar Sejarah Islam; Jejak Langkah Peradaban Islam Dari Masa Nabi Hingga Masa Kini, terj. Zainal Arifin. Jakarta: Zaman.

Ismail, F. (2017). Sejarah dan Kebudayaan Islam Periode Klasik (abad VII-XIII M). Yogyakarta: IRCiSoD.

Khan, M. M. (2012). 100 Muslim Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah, terj. Dari The Muslim 100 The Lives, Thought And Achievements Of The Most Influential Muslims In History. Jakarta: Noura Books.

Pulungan, S. (2018). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.

Saputri, I. N. (2021). Daulah Umayyah di Andalusia dan Hasil Budayanya (756-1031 M). JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 4(2), 149-157

Siregar, L. H. (2016). ANDALUSIA: Sejarah Interaksi Religius dan Linguistik. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 37(2).

Syukur, F. (2015). Sejarah Peradaban Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Tim Penyusun Ensiklopedi Islam. (1994). Ensiklopedi Islam, Jilid 1. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.

Tim Riset dan Studi Islam Mesir. (2013). Ensiklopedi Sejarah Islam, terj. dari al Mausuu’at al Muyassarah al Tarikh al Islami. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Tohir, M. (1981). Sejarah Islam dari Andalus Sampai Indus. Jakarta: Pustaka Jaya.

Yatim, B. (2014). Sejarah Peradaban Islam; Dirasah Islamiyah II. Jakarta: Rajawali Pers.

Zidan, G. (2014). Sang Penakluk Andalusia. Jakarta: Pustaka al-Kautsar




DOI: 10.24235/tamaddun.v10i2.10335

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Tamaddun

Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun Published by Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da`wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, dan Da`wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamaddun@syekhnurjati.ac.id