DESAIN DIDAKTIS MATERI STATISTIKA MTs S PP MANBAUL ULUM CIREBON KELAS VIII

Mardiatus Solehah(1*), Arif Abdul Haqq(2),


(1) Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


This study has the aim to produce a Didactical Design on the statistical matterial. This research was carried out at MTs S PP Manbaul Ulum Cirebon. This research uses qualitative approach by applying didactic design research according to Suryadi, that is through (1) Phase Didakis Analysis, (2) Metapedadidaktis Stage, (3) Restrosfection Stage. Technique of collecting data partially referring to opinion of Creswell that is by using (1) Observation, (2) Interview, (3) Test Test, and (4) Questionnaire. (1) At the didactic analysis stage, researchers looked for a learning obstacles often occurs in class IX, because class IX has studied the material and analyzed it for the design of didactic hypothesis dasign and antisipation (2) Metapedadidaktik stage, implement didactic hypothesis design that has been made in class VIIIC and analyze the succes of didactic design hypothesis implementation (3) Retrosfektif stage, analyze of learning obstsacles which appeared at the time of the implementation of hypothetical didactic design and compile empirical didactic designs. After all steps have been completed, there is a decrease in learning obstacles between before implementation and after implementation with the largest percentage decline of 61,52%.

 Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah Desain Didaktis pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan di MTs S PP Manbaul Ulam Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan penelitian desain didaktis menurut Suryadi, yakni dengan melalui (1) Tahap Analisis Didakis, (2) Tahap Metapedadidaktis, (3) Tahap Restrosfektif. Teknik pengumpulan data sebagian mengacu kepada pendapat Creswell yaitu dengan menggunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Uji Tes, dan (4) Angket. (1) Pada tahap analisis didaktis, peneliti mencari LO yang sering terjadi di kelas IX, karena kelas IX telah mempelajari materi tersebut dan menganalisisnya untuk kemudian dirancang perancangan desain didaktis hipotesis serta antisipasinya (2) Tahap Metapedadidaktis, mengimplementasikan desain didaktik hipotesis yang telah dibuat kepada kelas VIIIC dan menganalisis kebehasilan implementasi desain didaktis (3) tahap Retrosfektif, menganalisis LO yang muncul pada saat implementasi desain didaktis dan menyusun desain didaktis empirik. Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan, terdapat penurunan learning obstacles antara sebelum implementasi dan setelah implementasi dengan persentase penurunan terbesar sebanyak 61,52%.


Keywords


Didactical Design; Statistic; Central Tendency; Learning Obstacles; Desain Didaktis; Statistika; Ukuran pemusatan Data; Hambatan Belajar

Full Text:

PDF

References


Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Haqq, A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). DESAIN DIDAKTIS MATERI LINGKARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1). doi:http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2731

Kumaidi & Manfaat, B (2013). Pengantar Metode Statistika Teori da Terapannya dalam Penelitian Bidang Pendidikan dan Psikologi. Cirebon: Eduvition Publishing.

Lidinillah. 2012. Design Research sebagai Penelitian Pendidikan: Theoretical Framework for Action. Tasikmalaya: PGSD UPI.

Nasution. (2012). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Piaget, J. (1973). To Understand Is To Invent: The Future of Education. New York, NY: Grossman Publishers.

Sarma, M., & Ahmed, M. (2013). A Study on the Difficulty of Teaching and Learning Mathematics in Under Graduate Level with Special Reference to Guwahati City, (1), 409–412.

Suryadi, Didi. 2010. Metapedidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study, dalam Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA UPI.

Yelmiati. (2014). Pengembangan Desain Didaktis Luas Daerah Lingkaran pada Pembelajaran Matematika SMP.


Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.