The Importance of Applied Mathematics in Mathematics Learning

Moh Andi Bahtiar(1*),


(1) STKIP Muhammadiyah Kuningan
(*) Corresponding Author

Abstract


The Importance of Applied Mathematics in Mathematics Learning. Matematika merupakan sebuah pengetahuan yang mempelajari mengenai angka, simbol, operasi bilangan dan segala hal yang berkenaan dengan hitung-menghitung. Timbul sebuah pertanyaan mengenai matematika, dimana peserta didik memiliki rasa keingintahuan yang tinggi akan manfaat dari mempelajari matematika. Melalui kurikulum 2013, bidang peminatan matematika hadir dimana didalamnya memuat pengetahuan tentang matematika yang dikolaborasikan dengan pengetahuan lainnya. Sedemikian sehingga matematika terapan kini memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Selain itu pula media pembelajaran juga berperan penting untuk memotivasi, menumbuhkan minat, dan keingintahuan peserta didik salah salahnya melalui STEM Education.


Keywords


Matematika Terapan; Pembelajaran Matematika

References


Bahtiar, Moh Andi. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Book of Mathemathics Education (BOM-E) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Siswa dalam Mempelajari Matematika. Kuningan : STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Keener, James & Sneyd, James. (2008). Mathematical Physiology I : Cellular Physiology Second Edition. New York : Springer.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nuraeni, Zuli, & Azizah, N. (2017). Application of Number Theory in The Calculation of Java Calendar. Kuningan : STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Puadi, E. F. W., Mahpudin, A., & Casnan. (2018). Penerapan Permainan Geocaching untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Belajar sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika. Kuningan : STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Rosyid, Abdul, & Umbara, Uba. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kuningan, STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Sanders, Mark. (2009). STEM, STEM Education, STEMmania. The Technology Teacher, 68(4), 20-26.

Umbara, Uba, & Rahmawati, Inri. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Algebrator untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Kuningan : STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Yuliardi, R., & Nurjanah. (2017). Mathematics Learning Assisted Geogebra using Technologically Aligned Classroom (TAC) to Improve Communication Skills of Vocational High School Student. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.