MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MAHASISWA TINGKAT I PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA DASAR

Dina Pratiwi Dwi Santi(1*), Setiyani Setiyani(2),


(1) FKIP Uswagati Cirebon
(2) FKIP Universitas Swadaya Gunung Djati
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dengan macromedia flash pada mata kuliah kapita selekta matematika dasar. Tahap pengembangan media pembelajaran yaitu ADD (Analysis, Design, Development). Kegiatan pada tahap analysis meliputi analisis kebutuhan dan identifikasi kebutuhan. Tahap design peneliti melakukan empat kegiatan yaitu mengumpulkan referensi, penyusunan teks, pemilihan media dan desain media. Sedangkan untuk tahap development yaitu mewujudkan desain menjadi sebuah produk kemudian di beri penilain oleh dua validator dengan 1 ahli media dan 1 ahli materi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi media pembelajaran dan teknik analisis data dilakukan dengan cara kualitatif dengan metode deskriptif. Melalui proses pengembangan penelitian diperoleh alat pembelajaran matematika dalam bentuk  media yang valid sebesar  91,5%.

Keywords


ADDIE, Kapita Selekta MAtematika Dasar, Relasi dan Fungsi

References


Abdillah. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Kelas X Program IPA Di SMAN 1 Slawi. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aldoobie, Nada. (2015). Adiie Model. American International Journal of Contemporary Research, 5 (6), 68-72

Allan Leslie White. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis . Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, Vol. 33 No. 2, 129 .

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja GRAFINDO Persada.

Chandra. (2012). Action Script Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kirana, Kartika Candra. (2009). Pengembangan Bahan Ajar Online Basis Data Kelas X SMK-RPL Berbasis Karakter. Laporan Penelitian Hibah PTJJ Seamolec. Diakses tanggal 10 Juni 2016. Tersedia di https://www.academia.edu/attachments/31950429/

Munir. (2013). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pranowo. G. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS 5. Yogyakarta: Andi.

Resian, Ni Kadek, dkk. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 3 No. 1. Diakses tanggal 10 Juni 2016. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/viewFile/5929/4267

Silaban, Bajongga. (2006). Implikasi konstruktivis terhadap Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Darma Agung Vol IX No.01/Januarai/2016. Universitas Darma Agung.

Suherman, E., Herman, T., Turmudi, Suryadi, D., Suhendra, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sulthon. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivis dalan Pendidikan Bagi anak Usia Dini. Jurnal Vol.1 No.1 juli-desember 2013. STAIN Kudus.

Septia&Susanti. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Matei Pajak Penghasilan Pasal 21 di SMKN 10 Surabaya. JPAK Universitas Negeri Surabaya Jurusan Pendidikan ekonomi. Vol. 3 No. 1, ISSN: 2337-6457. Diakses tanggal 19 Juni 2016. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/10822/baca-artikel

Sarwiko, Dwi. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif menggunakan Macromedia Director Mx (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Citra Pada Jurusan S1 Sistem Informasi). E-journal Komputer Universitas Gunadarma. Diakses tanggal 19 Juni 2016. Tersedia di http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2921/1/Artikel_10105507.pdf


Article Metrics

Abstract view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.