Pengembangan Hipotetik Buku Panduan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinema therapy tentang Dampak Negatif Pornografi

Sari Herawati(1*), Bangun Yoga Wibowo(2), Arga Satrio Prabowo(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini yang dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya siswa tentang dampak negatif pada pornografi terutama pada siswa SMP. Pornografi saat ini sangat mengkhawatirkan dilingkungan masyarakat terkhusus pada anak pelajar SMP. Berbagai konten yang terdapat didalam materi pornografi saat ini sangat mudah untuk dikakses oleh remaja. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku panduan dengan teknik cinema therapy tentang dampak negatif pornografi, serta kelayakan buku panduan sebagai layanan informasi tentang dampak negatif pornografi kepada siswa SMP. Metode yang terdapat didalam penelitian ini yaitu Reserch and Development (R&D) Prosedur yang digunakan yaitu ADDIE, yang dimana terdapat lima tahapan yaitu, Analisis (analaysis), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation). Tetapi penelitian ini dibatasi hanya sampai dengan pengembangan atau development. Hasil yang didapat dari uji kelayakan produk buku panduan dalam ahli materi mendapatkan persentase dengan rata-rata 85% termasuk kedalam kategori sangat layak, sedangkan hasil dari ahli media mendapat 87% termasuk kedalam kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy tentang dapat negatif pornografi sangat layak untuk digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling atau dapat diuji cobakan.


Keywords


Bimbingan dan Konseling; Teknik Cinema therapy; Pornografi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (Metode Dan Paradigma Baru). Bandung: Rosda.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Donald, d. (n.d.). Dampak Negatif Kecanduan Pornografi Diunduh di. (http://aliefqu.wordpress.com/2012/01/16inilahdampaknegatif kecanduanpografi).

Fatchurahman, M. (2017). Penerapan teknik cynema therapy untukmeningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya merokok. Volume3 Nomor 1 Juni 2017, h 9.

Fauziah, d. (2017). Implementasi Konseling Islami Dalam Membina Kepribadian Siswa Di SMK Negeri 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. EDU RILIGIA: Vol. 1 No. 2 April-Juni 2017.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian dan Pengembangan (RnD) Dalam Bidang Pendidikan. Sanintifica Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Vol 4. No 2.

Insan Suwanto, A. (2017). Cinema therapy sebagai intervensi dalam konseling kelompok. Jambore Konselor 3 (2017), h 148.

Kartikasari, L. T. (2015, September). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Cinema therapy Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kemenkominfo. (2011). Pemblokiran Situs Porno Tak Akan Dihentikan. Diakses pada 10 Februari 2020, dari https://kominfo.go.id/content/detail/1649/kemenkominfo-pemblokiran-situs-porno-tak-akan-dihentikan/0/sorotan_media.

Kemenkominfo. (2018). Situs Pornografi, Perjudian dan Penipuan Paling Banyak Diblokir . Diakses pada 15 Februari 2020, disiaran pers NO. 322/HM/KOMINFO/12/2018:https://kominfo.go.id/content/detail/15737/siaran-pers-no-322hmkominfo122018-tentang-situs-pornografi-perjudian-dan-penipuan-paling-banyak-diblokir/0/siaran_pers.

KPAI. (2019). Miris, KPAI Ungkap 65,34 Persen Anak Usia 9 hingga 19 tahun di Indonesia Akses Pornografi Via Gadget. Diakses pada 7 Januari 2020, dari Tribunpontianak.co.id:https://pontianak.tribunnews.com/2019/03/06/miris-kpai-ungkap-6534-persen-anak-usia-9-hingga-19-tahun-di-indonesia-akses-pornografi-via-gadget.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Niva, H. (2016). Penerapan pendekatan cinematherapyuntukmeningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International SchoolMakassar. Volume 2 Nomor 1 Juni 2016, h 42-43.

Santrock, J. w. (2011). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Sarwono, S. W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno, T. (2011). Pengaruh Pornografi Terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi Kasus : Sekolah Menengah X). Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa edisi I/ 2011, h. 2.

Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.9664

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com