Problematika Penerapan Layanan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Kota Tarakan

Tri Cahyono(1*),


(1) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Konseling individual merupakan proses interaktif yang dicirikan oleh hubungan yang unik antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dan peserta didik/konseli yang mengarah pada perubahan perilaku, konstruksi pribadi, kemampuan mengatasi situasi hidup dan keterampilan membuat keputusan. Pelaksanaan konseling di jenjang sekolah menengah mencakup berbagai aspek perserta didik seperti aspek poribadi, sosial, belajar, karir. Keberhasilan proses konseling terhadap pemecahan masalah peserta didik/konseli dievaluasi oleh guru bimbingan dan konseling atau konselor melalui pengungkapan kepuasan konseli terhadap proses konseling. Pelaksanaan layanan konseling tentunya tidak serta merta berjalan lurus tanpa ada problematika yang mengikuti. Dalam perjalanannya, terdapat berbagai macam persoalan yang mengikuti perkembangan layanan konseling di kota Tarakan. Dalam penelitian ini, penulis akan memaparkan berbagai problematika pelaksanaan layanan konseling di sekolah menegah di Kota Tarakan. Hasil temuan terhadap problematika layanan konseling jenjang SMP di Kota Tarakan diakibatkan faktor internal maupun eksternal. Data problematika layanan konseling yang paling tinggi dari faktor internal adalah konselor yang tidak memahami tahapan konseling dengan baik, sedangkan data problematika layanan konseling dari faktor eksternal yang paling tinggi adalah buruknya perspektif siswa terhadap fungsi konseling yang menyebabkan siswa enggan berpartisipasi aktif mengikuti layanan konseling.


Keywords


Problematika Layanan Konseling; SMP Kota Tarakan.

Full Text:

PDF

References


Depdibud. (2007). Rambu-Rambu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling pada Jalur Pendidikan Formal, Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK, Jakarta.

Kemendikbud. (2016). Panduan operasional Penyelenggaraan bimbingan dan konseling Sekolah menengah pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal PMPTK, Jakarta.

Gysbers, N C, & Henderson, P. (2000). Developing and managing your school guidance program Ord ed. Alexandria, VA: American Counseling Association.

Gysbers, Norman C., & Henderson, P. (2014). Developing and managing your school guidance and counseling program. John Wiley & Sons.

Royse, D., Thyer, B. A., & Padgett, D. K. (2010). Program Evaluation: : An introduction. Nelson Education. Stufflebeam, D. L. (1973). Toward a science of educational evaluation. Evaluation of Education, 11, 20.

Worthen, B. R., Sanders, J. R., & Fitzpatrick, J. L. (1997). Program evaluation. Alternative Approaches and Practical Guidelines, 2.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.9661

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com