Revitalisasi Pendidikan Seks dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak

Jaja Suteja(1*), Adang Djumhur(2), Dedi Djubaedi(3), Ahmad Asmuni(4),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena kekerasan seksual yang menimpa anak-anak saat ini semakin marak terjadi yang disebabkan karena kurangnya edukasi seks yang diberikan guru pada siswa. Meningkatnya kasus kekerasan seksual anak merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks, yang seharusnya sudah diperoleh anak sejak memasuki bangku sekolah dasar. Pendidikan seks yang berbasis pada nilai-nilai keislaman menjadi pondasi penting untuk diberikan kepada anak-anak di tingkat sekolah dasar karena mengingat banyaknya kasus-kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research)  fenomenologi. Data yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan, informasi, konsep-konsep dan keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapkan masalah, gejala, maupun fenomena di lapangan secara cermat, faktual, dan sewajarnya. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini,  untuk melihat gambaran pelaksanaan pendidikan seks di tingkat sekolah dasar yang ada di Kabupaten Cirebon baik sekolah dasar negeri, SDIT maupun Madrasah Ibtidaiyah. Setelah itu peneliti mengidentifikasi proses revitalisasi pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman dan untuk mengoptimalkan kontribusi pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman dalam pencegahan kekerasan seksual. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan;  Pertama,  pelaksanaan pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman saat ini terintegrasi di dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang meliputi materi, metode, proses pelaksanaan dan nilai-nilai pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman di tingkat sekolah dasar.  Kedua, proses revitalisasi pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman diberikan pada siswa dalam upaya pembentukan kepribadian anak, mengurangi penyimpangan seksual dan mencegah kekerasan seksual. Unsur-unsur yang direvitalisasi di dalam pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman meliputi revitalisasi materi pembelajaran, metode pembelajaran, kerjasama sekolah dengan orang tua siswa, sarana prasarana sekolah, dan revitalisasi di dalam proses pelaksanaan pendidikan seks di sekolah. Ketiga, kontribusi pendidikan seks berbasis nilai-nilai keislaman mempunyai kontribusi di dalam sistem pembelajaran, perbaikan perilaku seksual dan di dalam pencegahan kekerasan seksual anak.

Keywords


Revitalisasi; Pendidikan Seks; Kekerasan Seksual Anak.

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad. Wulandari, Murfiah Dewi. (2020). Model pendidikan seks pada anak sekolah dasar berbasis teori perkembangan anak. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7832/48.pdf?sequence=1 (diakses 20 Juni 2020)

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1995). Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibiha Fiil Baiti Wal Mujtama (Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat) (Terj. Shihabudin). Jakarta: Gema Insani Press.

Chomaria, Nurul. (2012). Pendidikan Seks untuk Anak. Solo: Aqwam.

Creswell. Jhon W. (2003). Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: Sage Publications Ltd.

Creswell. Jhon W. (2017). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiyah. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). “Impelementasi Pendididkan Sex pada Anak Usia Dini di Sekolah”. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24-34.

H. Ruwaida. (2019). “Strategi Pembelajaran Fiqh Thaharah di SDN Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan”. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 167-188.

Langgulung, Hasan. (1995). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: PT. Al Husna Zikra.

Mery, Magdalena. (2018). Melindungi Anak dari Seks Bebas. Yogyakarta: Kanisius.

Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam)”. Jurnal Tarbiyatuna. Vol. 8, No. 1.

Moleong, J, Lexy. (1999). Metododologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nawangsari, D, (2015). Urgensi Pendidikan Seks dalam Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 74-89.

Oktavia, Mira, dkk. “Peranan Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi”. Bisa diakses di link berikut: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/30924/75676579891

Panjaitan S, Benteng. (2018). “Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas 2 Muhammadiyah Prambanan” (Doctoral dissertation, Universitas ALMA ATA Yogyakarta).

Pujiarta. (2007). “Metode Pendidikan Seks pada Anak Masa Pubertas dalam Islam” (Telaah Pemikiran Dr. Abdullah Nashih Ulwan). Penelitian Tesis pada Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Roqib, M. (2008). Pendidikan seks pada anak usia dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 271-286.

S. Aripin. (2018). Revitalisasi Pendidikan Islam pada Madrasah. Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 167-186.

Sahertian, Piet A. (1996). Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Seifert, Kelvin. (2009). Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan: Manajemen Mutu Psikologi Pendidikan Para Pendidik, (terj. Yusuf Anas, Cet. IV). Jogjakarta: IRCiSoD.

Setiawan, Ade. (2019). Pendidikan Seks pada Anak (Studi Perbandingan Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Yusuf Madani), Tesis Program Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D, Cet. 3. Bandung: Alfabeta.

Syarifah Gustiawati Mukri .2015. Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam.Vol.3 No.1. pp.1-20. Fakultas Agama Islam UIKA Bogor. Jurnal Ilmu Syariah.

Tim Penyusun. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: TP.

Ulwan, Abdullah Nashih. (2009). Pendidikan Seks untuk Anak Ala Nabi SAW. Jakarta: Pustaka Iltizam.

Ulwan, Abdullah Nashih. (2015). Tarbiyatul Aulad Fil Islam, di tahqiq oleh Syekh Ihsan Al-Utaibi Sukoharjo-Jawa Tengah: Al-Andalus.

Undang-Undang RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Qibtiyah, Alimatul. (2006). Paradigma Pendidikan Seksualitas; Persfektif Islam : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

INTERNET

Eka Fitriani lihat di https://solo.tribunnews.com/24 mei 2016 tentang Mengajarkan anak agar terhindar kekerasan seksual, diakses 23 Mei 2019.

Kusrin Ayuwuragil dalam https://m.cnnindonesia.com>nasional/2018 tentang KPAI Kirim Kasus Kekerasan Seksual Anak diakses tanggal 30 maret 2019

Puput Tripeni Juniman lihat https ://m.cnnindonesia.com/tentang gaya-hidup di berbagai negara /2018 , 30 Maret 2019. Diakses tanggal 12 September 2020

Robertus Belarminus dalam https://megapolita.kompas.com.2013 tentang 218 Anak di jakrta Timur Alami Kekarasan Seksual diakses tanggal 30 maret 2019

Eva Safitri, Kementerian PPPA Catat 1500 Laporan Kekerasan Seksual pada Ana, Lihat dalam detik.com,tahun 2019 diakses tanggal 25 Oktober 2019.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.9658

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com