Kehamilan Remaja di Luar Pernikahan Berdasarkan Sudut Pandang Teori Holisme dan Humanistik Abraham Maslow

Fanny Septiani Rahayu(1*),


(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Persoalan yang terjadi pada remaja saat ini semakin kompleks dan perlu adanya penanganan segera dari berbagai pihak, salah satu persoalan remaja yang terjadi adalah kehamilan di luar pernikahan. Kehamilan di luar  pernikahan memuat persoalan yang sangat rumit bagi remaja, terutama bagi mereka yang terlibat langsung di dalamnya. Oleh karena itu merupakan masalah yang sangat menarik. Kehamilan di luar pernikahan merupakan salah satu dampak dari perilaku seks bebas yang melanda remaja dan akhir-akhir ini yang cenderung meningkat. Remaja yang melakukan hubungan seksual pranikah sehingga mengakibatkan kehamilan di luar nikah disebabkan karena rendahnya harga diri, rendahnya pengetahuan tentang seksualitas dan, pengaruh norma kelompok sebaya yang dianutnya, status hubungan, serta rendahnya keterampilan interpersonal khususnya perempuan untuk bersikap asertif yakni sikap tegas untuk mengatakan tidak terhadap ajakan melakukan hubungan seks dari teman kencannya. Dalam membantu remaja yang memiliki kemampuan penerimaan diri rendah  akibat adanya kehamilan yang terjadi diluar pernikahan, diperlukan adanya  peran konseling. Peran konseling sangat penting, terutama dalam membantu individu mencapai proses perkembangan yang optimal. Seorang konselor menggunakan salah satu alternatif konseling yang dapat dilakukan yaitu konseling Rational-Emotif-Behavioral Therapy (REBT).


Keywords


Konseling Rasional Emotif Perilaku; Penerimaan Diri; Remaja.

Full Text:

PDF

References


Baseline Survey [online] diakses di http://sbm.gov.in/BLS2012/Home.aspx pada tanggal 21 Desember 2015.

Burn, R. B. (1993). The Self Concept Theory, Measurement, Development, and Behavior. London and New York: Longman Group.

Carson, S. H. & Langer. (2006). Mindfullness and Self-AcceptanceTheory, Practice, and Research. London: Springer.

Chaplin, J. P. (2004). Kamus Lengkap Psikologis(diterjemahkan oleh Kartini kartono). Jakarta: PT. Raja Grafndo Persada.

Chroanbach, I.J. (1963). Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace, & World, Inc.

Corey, G. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Darminto, E. (2007). Teori-teori Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Domenico, D. M. & Karen H. J. (2007). Adolescent Pregnancy in America: Causes and Responses. The Journal for Vocational Special needs Education. Volume 30, Number 1, Fall.

Dryden, W., & Neenan, M. (2004). Rational Emotive Behavioral Counselling in Action (3rd. Ed). London: SAGE Publication Ltd.

Eddy. (2009). Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri. 11 (2).

Hjelle, L.A., Ziegler, D. J. (1992). Personality and Theories Basic Assumptions, Research, and Applications. Singapore: McGraw Hill International Book Company.

Huchinson, G.T., & Chapman,. B.P. (2005). Logotherapy – Enchancer REBT: An Integration of Discovery and Reason. Journal of Contemporary Psychotherapy, 35 (2), pp. 145-155.

Hurlock, E. B. (1973). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hurock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia.

Hurlock, E. B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan Isti Widayanti). Jakarta: Erlangga.

KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) [online] diakses di www.kpai.go.id pada tanggal 21 Januari 2016.

Palmer, Stephen.(2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Purwanto, Y. (2011). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kompetensi Interpersonal Pada Remaja. Skripsi Sarjana Psikologi FIP UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT Erlangga.




DOI: 10.24235/prophetic.v3i2.7596

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com