Implementasi Konseling Eksistensial-Humanistik untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa Terisolir di Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Siswa terisolir adalah suatu sikap individu yang tidak dapat menyerap dan menerima norma-norma ke dalam kepribadiannya dan juga tidak mampu untuk berperilaku yang pantas atau menyesuaikan diri menurut tuntutan lingkungan yang ada. Sehubungan itu karakteristik low self-esteem yaitu, ketidaksadaran diri, kurang percaya diri, takut mengambil resiko, mudah putus asa, pesimis, merasa kesepian dan terasingkan. Maka dibutuhkan peningkatan harga diri dengan memberdayakan, memberikan energi dan memotivasi, karena hal ini bisa terjadi kepada siapapun, termasuk kepada siswa terisolir. Dengan pendekatan yang terpusat pada manusia yaitu konseling eksistensial-humanistik tentunya diharapkan mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa terisolir yang sering ada di sekolah-sekolah. Dalam penelitian ini, terdapat pembahasan metode konseling eksistensial-humanistik untuk meningkatkan self-essteem pada siswa terisolir yakni metode untuk meningkatan self-esteem pada siswa terisolir: dengan pemberian dukungan sosial (social support), intervensi cognitive-behavior, pemantapan fisik, strategi lainnya (konseling pendekatan eksistensial-humanistik). Implementasi konseling pendekatan eksitensial-humanistik: kesadaran diri, kecemasan, tanggung jawab dan penciptaan makna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2015). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Anwar, M. F. (2015). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Bagus,
Bungin, B. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rineka Cipta.
Clemes, H., Reynold B., & Clark. (2012). Bagaimana Kita Meningkatkan Harga Diri Remaja. Terjemahan oleh Dra. Med. Meitasari Tjandrasa. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.
Corey, G. (2013). Teori dan Peraktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Dariyo, A. (2006). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Erman A. & Prayitno. (1999). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunarsa, S. dan Yulia. (1985). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Juntika N. A. (2014). Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Latipun. (2003). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Masleham. (1996). Teknik Konseling Individual. Jombang : Cv saudara.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-21. Jakarta: Rineka Citra.
Mulyana, D. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D, Cet. 10. Bandung: Alfabeta.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wikan, P. L. (2012). Meningkatkan self-esteem Melalui Metode Self-Intruction. Psi UI.
Willis, S. (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
DOI: 10.24235/prophetic.v3i2.7595
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prophetic Indexed By:Â Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Editorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com