Media Photovoice untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 1 Kota Cirebon

Hazmi Zulpikar(1*),


(1) MTs Negeri 1 Kota Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu bentuk kekerasan yang sering terjadi di kalangan pelajar adalah bullying. Begitu pula yang terjadi di MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Disana masih sering terjadi yang namanya saling ejek nama orang tua, mengejek bentuk badan, dan lain sebagainya. oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengurangi bertambahnya perilaku bullying pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan media photovoice  dirasa paling tepat untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Media photovoice  sebagai dirasa paing tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga photovoice  diambil sebagai media untuk mengurangi perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan partisipan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru BK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa photovoice  mampu mengurangi perilaku bullying siswa seperti cyber bullying dan physical bullying.


Keywords


Photovoice; Bullying; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Moh. Khoerul. (2015). Pengembangan Pribadi Sosial. Diakses tanggal 11 Mei 2018 dari https://khoerulanwarbk.wordpress.com/2015/08/26/pengembangan-pribadi-konselor/

Azwar. (1990). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bredesen A. Joyce, Marcia S. Stevens. (2013). Using Photovoice Methodology to Give Voice to the Health Care Needs of Homeless Families. Jurnal School of Nursing Metropolian State University, 3 (3).

Coloroso, Barbara. (2003). The Bully, the Bullied, and the Bystander. New York: Collins Living.

Handoyo, Alfian Warih. (2013). Peningkatan Sensitivitas Gender Dengan Teknik Photovoice Pada Siswa Ekstrakurikuler Fotografi SMAN 11 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harahap, Faridah. (2015). Teknik-teknik Inovatif Dalam Bimbingan (Guidance) di Sekolah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

IPK Indonesia Wilayah Jawa Timur. (2012). Introduction to Photovoice (Pertemuan IPK-PDSJKI 18/01/12). Dikses tanggal 18 Maret 2018 dari http://ipkjatim.org/2012/01/18/hello-world/

M. Subana dkk. (2011). Dasar-Dasar Penlitian Ilmiah. Bandung: Pustakan Setia.

Made Diah Lestari, Ni Made Dian Sulistiowati, Ni Putu Natalya. (2016). Kesehatan Seksual dan Reproduksi serta Fasilitas kesehatan di Lokasi Prostitusi: Community Based Participatory Research dengan Photovoice Pada Pekerja Seksual di Gunung Lawu, Bali. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 15 (1).

Nasution. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Rania, Nadia, dkk. (2015). Dare Un Volto Ai Processi di Immigrazione e Integrazione: I’Uso di fotovoice Con I Giovani Adulti Italiani. Jurnal University of Genoa 20 (6).

Suharsimi Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulistyo, Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Ulviatun, Ernie. (2016). Upaya Peningkatan Sikap Empati Melalui Teknik Photovoice Pada Siswa Kelas X Jurusan Kriya Kulit di SMK Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: 10.24235/prophetic.v2i2.5767

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com