Dinamika Bimbingan Konseling Islam pada Ruang Lingkup Dakwah dan Tarbiyah

Adiansyah Adiansyah(1*),


(1) IAIN Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Sejalan dengan perkembangan yang cukup pesat, Bimbingan Konseling di Indonesia memunculkan keunikan dan kekhasan serta corak baru. Munculnya corak yang beragam menjadi alasan bagi penulis untuk mengurai dan mendeskripsikan dinamika Bimbingan Konseling Islam melalui telaah pada ruang lingkup Dakwah dan Tarbiyah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan yang dimulai dengan mengidentifikasi kata kunci dan mengumpulkan serta membaca berbagai referensi dilanjutkan dengan mencatat poin penting yang berhubungan dengan tema penelitian kemudian menyusun serta menyimpulkan hasil. Setelah informasi yang dibutuhkan terkumpul, informasi tersebut disusun dan diurutkan sesuai sub tema pembahasan. Informasi yang sudah tersusun kemudian dikemas dan dinarasikan kembali menjadi kesatuan yang utuh sehingga menghasilkan sebuah konsep yang komprehensif. Bimbingan Konseling Islam bertransformasi menjadi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI) serta Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI). Profil utama lulusan BKI dapat menjadi sebagai konselor dan Penyuluh Agama serta kompetensi tambahan sebagai motivator, trainer, peneliti, praktisi dan akademisi.


Keywords


Dinamika; Bimbingan Konseling Islam; Dakwah; Tarbiyah.

Full Text:

PDF

References


Akhyar Lubis, S. (2007). Konseling Islami; Kyai & Pesantren. eLSAQ.

Andana Pohan, R., & Ramadhani, E. (2018). Miskonsepsi Program Studi BPI/BKI Fakultas Dakwah di PTKIN. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2079

Arifin, I. Z. (2008). Bimbingan Konseling Islam (al-Irsyad wa al-Tawjîh al-Islam) Berbasis Ilmu Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(11), 27–42. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/383/1109

Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 1–18.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2022). Arah Kebijakan Diktis. Diktis.Kemenag.Go.Id. http://diktis.kemenag.go.id/v1/visi-misi#:~:text=Perkembangan lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan,mahasiswa mencapai 1.150.504 mahasiswa.

Direktorat PTKI. (2022). Nomor Statistik PTKI (NSPTKI). Diktis.Kemenag.Go.Id. http://diktis.kemenag.go.id/bansos/cari_nspt.php

Hasan Basri, S. (2018). Merajut Simpul BKI/BPI. Pabki.Org. https://pabki.org/2018/03/02/bki-bpi/

Imanuddin, D. (2018). IMPLEMENTASI TASAWUF DALAM BIMBINGAN KONSELING ISLAM (Analisis Teks atas Konsep Tasawuf Buya Hamka). Lidzikri, 1, 1–13.

Kamil, D. (2021). Visi, Misi , Tujuan, dan Profil Lulusan Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI). Ftik.Iainkerinci.Ac.Id. http://ftik.iainkerinci.ac.id/beranda.html

Kartika MR, G. N. (2018). Perspektif Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 95. https://doi.org/10.23971/njppi.v1i2.906

Kattsoff, L. O. (1992). Pengantar Filsafat, terj. Soejono Soemargono. Tiara Wacana.

Kusnawan, A. (2020). Bimbingan Konseling Islam Berbasis Ilmu Dakwah (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Kutha Ratna, N. (2010). Metodologi penelitian kajian budaya dan ilmu sosial humaniora pada umumnya. Pustaka Pelajar.

L Gibson, R., & H Mitchell, M. (2011). Bimbingan dan Konseling (I). Pustaka Pelajar.

Meria, A. (2018). Eksistensi Bimbingan Islam dalam Kegiatan Pendidikan di Sekolah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–167. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.318

Muchith, M. S. (2016). Guru PAI Yang Profesional. Quality, 4(2), 228.

Munir, S. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam. Amzah.

Nasution, H. (1979). Filsafat Agama. Bulan Bintang.

Nurdin. (2013). Eksistensi Keilmuan Islam. Dinamika Ilmu, 13(1), 88–104. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/67

Peraturan Menteri Agama. (2009). Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama. Kementerian Agama.

Peraturan Menteri Agama. (2016). Peraturan Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2016 Tentang Gelar Akademik Peruruan Tinggi Keagamaan. Kementerian Agama.

Peraturan Menteri Agama. (2017). Peraturan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama No 33 Tahun 2016 Tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan. Kementerian Agama.

Permendikbud No 111. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. In Permendikbud (pp. 1–38).

Permendiknas No 27. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Kementerian Pendidikan.

Prasetya, M. A. (2014). Korelasi Antara Bimbingan Konseling Islam dan Dakwah. Addin, 8(2), 409–424.

PTIPD UIN Sunan Kalijaga. (2020). Selayang Pandang Bimbingan Konseling Islam. Bki.Uin-Suka.Ac.Id. http://bki.uin-suka.ac.id/id/page/prodi/687-Selayang-Pandang

Rohman, A. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling Islam dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 7(2), 184–198.

Rosmalina, A. (2016). Integrasi BKI dalam Peranan Sejarah Kebudayaan Islam. Tamaddun, 4(2), 129–142.

Rozikan, M. (2018). Transformasi Dakwah Melalui Konseling Islami. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 77. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.77-98

Sartika, E. (2019). Urgensi Bimbingan dan Konseling (Penyuluhan) Islam dalam Pendidikan. SYI’AR Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 2(2), 84–93.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutoyo, A. (2014). Bimbingan Konselin Islam ( Teori dan Praktik) (II). Pustaka Pelajar.

Tajiri, H. (2014). Konseling Islam: Studi terhadap Posisi dan Peta Keilmuan. Jurnal Ilmu Dakwah, 6(2), 226. https://doi.org/10.15575/jid.v6i2.363

Thohir, M. (2021). Filsafat Ilmu Bimbingan Dan Konseling Islam : Integrasi Aspek Ilmiah Dan Ilahiah the Philosophy of Islamic Guidance and Counseling : Integration of Natural and Divine Aspects. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 4(1), 41–58.

Undang-Undang Republik Indonesia No 14. (2005). Tentang Guru dan Dosen. Menteri Hukum dan HAM.

Zain, A., & Maturidi. (2021). Konseling Islam: Menelusuri Akar Praktik Konseling dalam Aktivitas Dakwah Nabi Muhammad. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 18(2), 19. https://doi.org/10.14421/hisbah.2021.182-02

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. In Yayasan Obor Indonesia (2nd ed.).




DOI: 10.24235/prophetic.v6i1.14755

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com