Pengembangan Self-Regulation Scale Mahasiswa berdasarkan Zimmerman Self-Regulation Model

Bambang Setiawan(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya self-regulation bagi mahasiswa dalam mengelola dan mencapai keberhasilan dalam bidang akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur psikologis berupa self-regulation scale yang teruji dari segi validitas dan reliabilitas, sehingga dapat dipergunakan untuk mengukur tingkat self-regulation mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan teoritik, dimana berupaya mengembangkan self-regulation scale berdasarkan definisi operasional variabel Zimmerman self-regulation model. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 168 orang mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu 1) self-regulation scale dikembangkan dalam sepuluh tahapan; 2) berdasarkan uji validitas, yang dimulai dengan uji keterbacaan, penimbangan pakar dan praktisi, serta uji validitas Pearson product moment correlation menghasilkan 58 item yang secara empiris terbukti valid; dan 3) berdasarkan uji reliabilitas, self-regulation scale menunjukkan derajat keterandalan pada kategori tinggi dengan skor yang diperoleh sebesar 0,881.


Keywords


Self-Regulation; Self-Regulation Scale; Pengembangan Instrumen.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall

Bandura, A. (1991). Social Cognitive Theory of Depression. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50, 248–287. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90022-L

Blair, C. et al. (2010). Self-regulation as the Interface of Emotional and Cognitive Development: Implications for Educational and Academic Achievement. Dalam Hoyle, Rick H. Handbook of Personality and Self-regulation. United Kingdom: Wiley-Blackwell Publishing Ltd.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston, USA: Pearson Education, Inc.

Crocker, L. & Algina, J. (2008). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Ohio, USA: Cengage Learning

Eisenberg, N. et al. (2005). Associations of Emotion-related regulation with Language Skills, Emotion Knowledge, and Academic Outcomes. New Direction in Child and Adolescent Development, 109 (1), hlm. 109-118 http://dx.doi.org/10.1002/cd.143

Furqon. (2008). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Husna, A. N. et al. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 13 (1), hlm. 50-63 http://dx.doi.org/10.14710/jpu.13.1.50-63

Rakhmat, C dan Solehuddin, M. (2006). Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: ANDIRA

Setiawan, B., Solehuddin, M., & Hafina, A. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Self-Regulation Siswa. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31960/konseling.v1i1.317

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Zimmerman, B. J. (1995). Self-Regulation Involves More Than Metacognition: A Social Cognitive Perspective. Educational Psychologist, 30(4), 217–221. https://doi.org/10.1207/s15326985ep3004_8

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining Self-Regulation: A Social Cognitive Perspective. Dalam Boekaerts, M. et al. Handbook of Self-Regulation. San Diego: Academic Press

Zimmerman, B. J. & Martinez-Pons, M. (1986). Development of a Structured Interview for Assessing Students Use of Self-Regulated Learning Strategies. American Educational Research Journal, 23 (1), hlm. 614-628 http://dx.doi.org/10.3102/00028312023004614




DOI: 10.24235/prophetic.v5i2.13292

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com