Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah dalam Penanggulangan Kebencanaan (Studi Kasus di SMK Sanjaya Pakem Yogyakarta)

Anmil Insani(1*), Veronica Amalia Dwi Cahya Pertiwi(2), Sephia Delia Lestari(3), Palasara Brahmani Laras(4),


(1) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(3) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(4) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Bencana merupakan serangkaian peristiwa yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan alam, fasilitas, kerugian, serta dampak psikologis korban, bencana dapat disebabkan oleh faktor alam ataupun faktor non alam (manusia). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bimbingan dan konseling di sekolah SMK Sanjaya Pakem yang masuk dalam radius sekolah siaga bencana erupsi Merapi. Pendekatan penelitian ini dengan kualitatif dengan desain studi kasus, Teknik pengumpul data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah SMK Sanjaya Pakem ini, belum adanya program dari bimbingan dan konseling di sekolah berbasis kebencanaan, dikarenakan beberapa factor salah satunya SDM guru BK belum tetap dan baru masuk bekerja, situasi pandemic, sehingga peran bimbingan dan konseling yang dilakukan di sekolah masih dalam memberikan layanan selama pandemic untuk meningkatkan motivasi belajar.

Peran Bimbingan dan Konseling; Penanggulangan Kebencanaan; Program Layanan BK; Erupsi Merapi.


Keywords


Peran Bimbingan dan Konseling; Penanggulangan Kebencanaan; Program Layanan BK; Erupsi Merapi.

Full Text:

PDF

References


Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia, †SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J, 1(2).

Handoyo, A. W., Afiati, E., & ... (2020). Kurikulum Tanggap Bencana bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. … Nasional Bimbingan …, 25.

Indinesia, K. P. B. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Konsorsium Pendidikan Bencana.

Kapur, G. B., & Báez, A. A. (2017). International Disaster Health Care: Preparedness, Response, Resource Management, and Education. CRC Press.

Kemendiknas. (2010). Strategi Pengarusutamaan Pengurangan Resiko Bencana di Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemhan. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kiswiranti, D., & Kirbani, H. (2013). Analisis Statistik Temporal Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Fisika Unnes, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jf.v3i1.3964

Lestari, P., Paripurno, E. T., & Nugroho, A. R. B. (2019). Model Manajemen Risiko Bencana Berbasis Komunitas Melalui Uji Publik Rencana Kontinjensi Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo.

Marfai M.A., Almohammad H., Dey S., S. B. & K. L. (2008). Coastal dynamic and shoreline mapping: multisources spatial data analysis in Semarang Indonesia. Environmental Monitoring and Assessment 142, 297–308.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mosal.

Nur Hayati Atmaja ningsih: SEKOLAH KU AKIBAT BENCANA Sekolah Terkena Bencana Merapi. (n.d.).

Petal, M., & Izadkhah, Y. O. (2008). Concept note: formal and informal education for disaster risk reduction. Proceedings of the International Conference on School Safety, Islamabad, Pakistan, 1416.

Rahma, A. (2012). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGURANGAN RISIKO BENCANA ( PRB ) MELALUI PENDIDIKAN FORMAL.

Sair, A. (2019). Bencana Dan “Proyek” Kurikulum Kebencanaan Di Sekolah. Journal of Urban Sociology, 1(1), 4. https://doi.org/10.30742/jus.v1i1.560

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi Integrasi Pendidikan Kebencanaan Dalam Optimalisasi Ketahanan Masyarakat Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47. https://doi.org/10.22146/jkn.33142

Septikasari, Z., Fauziah, M., & ... (2019). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Penanggulangan Bencana. Proceeding of The …, 229–233. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/508

Wihyanti, R. (2020). Analisis Inovasi Pendidikan Kebencanaan di Sekolah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Jaringan Penelitian (JARLIT) Cilacap “Menuju Cilacap 4.C (Creativity, Critical Thingking, Communication And Colaboration), 1, 16–21.




DOI: 10.24235/prophetic.v5i2.12785

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com