Layanan Konseling Individu dalam Menangani Korban Kekerasan Seksual Remaja di LSM WCC Mawar Balqis Cirebon

Intan Sholihat(1*), Jaja Suteja(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu tingginya kasus kekerasan seksual remaja perempuan yang ditangani oleh LSM WCC Mawar Balqis Cirebon. Dengan adanya layanan konseling individu di LSM tersebut dapat membantu menangani kasus kekerasan seksual remaja. Konseling individu dalam prosesnya dapat membantu memudahkan proses assessment korban dan menindaklanjuti kasus yang dialami korban kekerasan seksual remaja perempuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling individu terhadap korban kekerasan seksual remaja perempuan di LSM WCC Mawar Balqis Cirebon, kemudian untuk memahami langkah-langkah konseling individu dalam menangani kasus kekerasan seksual remaja perempuan, dan untuk mengetahui faktor penyebab kekerasan seksual terhadap remaja perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan menggunakan model analisis data Spradley. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa tahapan konseling individu di LSM WCC Mawar Balqis yaitu bersifat kasuistik, pendamping melihat bagaimana jenis kasus korban, dan keadaan psikologis korban. Layanan konseling individu yang terdapat di LSM WCC Mawar Balqis sangat membantu dalam penggalian informasi mengenai kasus kekerasan seksual remaja perempuan. Selain dalam penggalian informasi mengenai data kasus, konseling individu juga memudahkan dalam proses assessment korban. Faktor penyebab kekerasan seksual remaja perempuan, karena minimnya akses informasi menngenai kesehatan reproduksi, dan adanya ketimpangan relasi keluarga.


Keywords


Konseling Individu; Kekerasan Seksual; Remaja.

Full Text:

PDF

References


Achmad Juntika Nurihsan, 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung : Refika Aditama.

Gadis Arivia, 2020. Jurnal Perempuan 41 untuk Pencerahan dan Kesetaraan, Jakarta : SMKG Desa Putera.

John W. Santrock, 2003. Adolescence Perkembangan Remaja, Jakarta : Erlangga.

Lexy J. Moleong, 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.

Muhammad Asro, 2016, Skripsi Konseling Pendampingan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan Di Kabupaten Cirebon (Studi Penanganan kepada Korban di WCC Mawar Balqis Kabupaten Cirebon), Cirebon : IAIN.

Mu’min Rauf, Yudhi Munadi, 2006, Relasi Gender dan Kesehatan Reproduksi Perempuan, Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, British Embassy.

Sighmund Freud, 2003. Theori Of Sex, Yogyakarta: Jendela.

Siti Rijaeni, 2017, Skripsi Efektivitas Layanan Konseling Keluarga Via Online Terhadap Terwujudnya Keluarga Sakinah, Cirebon : IAIN.

Sofyan S. Willis, 2017. Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Thomas Santoso, 2015. Teori- teori Kekerasan, Surabaya : Ghalia Indonesia.

Undang-Undang PKDRT, 2004. Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Jakarta:TP.

Undang-undang No. 12 Tahun 2022, Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Jakarta: TP.

Wulan Nur Apriliani, 2017, Skripsi Peran Layanan Konseling Individu Dalam Mengurangi Perilaku Asusila Anak Usia 7-17 Tahun Di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon, (Cirebon : IAIN).




DOI: 10.24235/prophetic.v5i2.12783

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com