Pengaruh Sistem Zonasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 6 Pandeglang
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem zonasi terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 6 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak, dengan sampel 230 siswa kelas X dan kelas XII SMAN 6 Pandeglang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa penyebaran instrument penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukan terdapat hasil t-hitung sebesar 4.859 dan t-tabel sebesar 1.651 berarti terdapat perbandingan antara siswa kelas XII dan siswa kelas X karena t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dapat disimpulkan ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diterima melalui sebelum zonasi dan sesudah zonasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aris Nurlailiyah. 2019. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Perilaku Siswa Smp Di Yogyakarta. Jurnal Realita Vol 17 No 1
Dian Purwanti. 2019. Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Bandung. Jurnal Governansi Vol 5 No 1
Hidayah Setianti. 2019. Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Menggunakan Sistem Zona Dalam Pemerataan Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Smpn Kecamatan Temanggung). Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3 No 2
Sibaril, Majdi. 2011. â€Pengaruh Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smp Islam Hidayatullah Semarangâ€. Fakultas Tarbiyah. IAIN Walisongo. Semarang
Wulandary, Desi. 2018. “Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smpn 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018â€. FKIP. Universitas Lampung. Lampung
Wulansari, Devi. 2016. “Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cangkringan Sleman Yogyakartaâ€. FKIP. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. 2016. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Indrawan, Rully., Yaniawati, R.Poppy. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama
Hamzah B. Uno. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Rahmawati, Rima. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016â€. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
DOI: 10.24235/prophetic.v5i1.11176
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prophetic Indexed By:Â Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Editorial Office:
FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com