Efektivitas Pelatihan Islamic Cognitive Learning Skill untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MTs X Di Yogyakarta

Mumtaz Afridah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pelatihan Islamic Cognitive Learning Skill untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTs X di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakann desain penelitian quasi eksperimen non randomized pretest and posttest control group design. Partisipan penelitian ini dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pelatihan ini hanya diberikan kepada siswa siswa yang memiliki skor kepercayaan diri yang sedang dan rendah serta melewati proses asesmen awal. Partisipan diminta untuk mengisi skala, skala yang digunakan untuk mengukur kepercayaan diri siswa adalah skala Lauster yang telah digubah oleh Nurroyani (2014) dan diuji coba pada siswa SMA X, di mana skala tersebut memiliki reliabilitas sebesar r = 0.871 yang berarti memiliki reliabilitas yang tinggi. Hasil analisis uji Wilcoxon menunjukkan bajwa nilai signifikansi (p) = 0.02 (p< 0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya pelatihan Islamic Cognitive Learning Skill.


Keywords


Islamic Cognitive Learning Skill; Pelatihan; Kepercayaan Diri.

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T & Andayani, B. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Penganggur Melalui Kelompok Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi UGM. 2. 36-46.

De Angelis, B. (2002). Percaya Diri : Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

D. W. Pulmerr. (1999). Guidance, New York: Thomas. Y. Crowell.

Ghufron, M. Nur. (2010). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Kaye. J & Raghavan, S.K. (2002). Spirituality in disability and illness. Journal of religion and health. 41,231-242.

Lauster, P. (1990). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurroyani. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri Pada Siswa SMA X di Jombang, Jawa Timur. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.

Paukert, A., dkk. (2009). Integration religion into cognitive behaviour therapy for geriatric anxiety and depression. Journal of Psychiatric Practice. – (15) 103-112.

Rusydi, A. (2012). Husn Al-Zhann: Konsep berfikir positif dalam perspektif Psikologi Islam dan manfaatnya bagi kesehatan mental. Proyeksi, 1-31.

Smith, D.W. (1994). Theory of Spirituality. Journal of Holistic Nursing. 9 () 34-43.

Suryaningrum, D.U. (2016). Efektivitas Pelatihan Harga Diri dengan Metode Instruksi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa BBRSBD Surakarta. Tesis (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi UMS.

Winda, A. L. (2012). Pelatihan Kognitif Spiritual Islam untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja dengan Cacat Tubuh. Tesis (tidak diterbitkan).Yogyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.




DOI: 10.24235/prophetic.v5i1.11167

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com