Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Peer Learning Metode Buzz Group Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan pembelajaran yang dianggap relevan untuk melatih kemampuan komunikasi matematika siswa adalah penerapan pembelajaran kolaboratif peer learning metode buzz group. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kolaboratif peer learning metode buzz group. 2) mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika. 3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif peer learning metode buzz group terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah segiempat dan segitiga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Ligung tahun ajaran 2018-2019. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik cluster sampling di dapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kolaboratif peer learning metode buzz group memiliki rata-rata 71%. 2) Komunikasi matematika siswa dilihat dari nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 71,39 dan kelas kontrol sebesar 66,9. 3) hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil probabilitasnya sebesar 0,042 dengan =0,05 sehingga diperoleh bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran kolaboratif peer learning metode buzz group terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Besarnya pengaruh sebesar 21% dan sisanya 79% dipengaruhi oleh faktor lain.
Keywords
Pembelajaran Kolaboratif, Peer Learning, Metode Buzz Group, Kemampuan Komunikasi Matematika
Full Text:
PDFReferences
Ag, M. M., & Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: kencana.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Juarsih, D. C. (2014). Komunikasi dengan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabet.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran (2nd ed.). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Uno, H. B., & Kuadrat, M. (2014). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.