Nanang Baihaqi
,
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belum maksimal. Memaksimalkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran SQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran SQ4R (2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran SQ4R terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dan desain menggunakan posttest only control design dengan populasi seluruh kelas VIII MTs N 12 CIREBON, teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu peneliti memilih 2 kelas penelitian yaitu kelas VIII A dan VIII B dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes uraian. Berdasarkan eksperimen diperoleh hasil bahwa: (1) Sebagian besar siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran SQ4R (2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran SQ4R dengan aspek kefasihan, fleksibilitas dan keaslian tergolong baik. Hal tersebut ditandai dengan presentase rata-rata dari setiap aspek sebesar 67% (3) Berdasarkan uji independent sample test nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka keputusan yang diambil adalah menolak H0. Model SQ4R berpengaruh positif sangat besar dilihat dari perhitungan nilai d yaitu 3,97 > 1 dan nilai signifikansi uji regresi sebesar 0,012 < 0,05. Berdasarkan uji korelasi, model pembelajaran SQ4R mempunyai hubungan yang kuat terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai pearson correlation 0,390 > 0,05.
Keywords
Model Pembelajaran SQ4R; Kemampuan Berpikir Kreatif; Berpikir Kreatif Matematis Siswa
References
Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Penuntun bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Grasindo.
Nasehuddien, T. S., & Manfaat, B. 2015. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.
Punjawa, I.G.N. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode SQ4R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajara, 38(3).
Putra, T. T. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Sari, W. & Persada, A. R. 2013. Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2).
Sudjana dan Ibarahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Toheri, T. 2017. Future’s Research In Mathematics Education. Procediamath, 1(1).
Uno, H. B. 2014. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar.