Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa

Afkarina Fitri(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu keberhasilan pembelajaran matematika adalah siswa mampu menyelesaikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Kondisi yang ada bahwa siswa masih kurang dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan matematika. Model pembelajaran yang dipadukan dengan media pembelajaran diharapkan siswa mampu memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi kubus dengan berbantuan media Lectora Inspire terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa. Lectora Inspire adalah alat pengembangan konten e-learning yang mudah digunakan sebagai media pembelajaran online. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cilimus Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only Control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel yang digunakan yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perolehan data penelitian didapat rata-rata postes matematika siswa kelas eksperimen sebesar 72,75 dan rata-rata postes kelas kontrol sebesar 47,47. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning dengan skor rata-rata 78,13. Sedangkan rata-rata respon siswa terhadap media Lectora Inspire adalah 78,7. Berdasarkan uji analisis data diketahui bahwa thitung < ttabel atau 1,570 < 2,024 sehingga disimpulkan tidak terdapat pengaruh penggunaan media Lectora Inspire terhadap kemampuan pemecahan masalah geometri siswa pada pokok bahasan kubus.

Keywords


model problem based learning; media lectora inspire; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Anggraini, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Bandung: PT Refika Aditama.

Masud, M. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Maulana, I., Saluky, & Misri, M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Software Cabri 3D Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. ITEJ, 7.

Muchlis, E. E. (2002). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta 10(2).

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gunung Persada Press.

Paloloang, M. F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning(PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran DI Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2(1).

Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh pemaham konsep geometri terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar. EduMa, 14.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, S., & Suparmin. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Lectora inspire Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Perhitungan Konstruksi Mesin Siswa Kelas XI Mesin Di SMK Piri Sleman. Jurnal Taman Vokasi 5(1).

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal konseling Gusjigang 1(2).

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. (2016). Pengembangan Media Lectora inspire Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sma Kelas X. Pythagoras 5(2).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.