Penerapan Model Paikem Melalui Pendekatan Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Ijah Khodijah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah model PAIKEM melalui pendekatan index card match. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah penerapan model PAIKEM melalui pendekatan index card match dalam pembelajaran matematika memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional, ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model PAIKEM melalui pendekatan index card match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ininadalah seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 3 Palimanan Cirebon tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model PAIKEM melalui pendekatan index card match memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent test, yaitu nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika, yaitu 80,06 untuk kelas eksperimen dan 71,35 untuk kelas kontrol, 2) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model PAIKEM melalui pendekatan index card match memiliki rata-rata sebesar 80,7% dengan kategori baik.

Keywords


Model PAIKEM, Index Card Match, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1, 1–7.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34.

Darmadi. (2018). Optimalisasi Strategi Pembelajaran: Inovasi Tiada Henti Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik. Bogor: Guepedia.

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85-95.

Hidayat, T. (2018). Pengaruh Model PAIKEM terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Bandung: Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Pujilestari, & Yuntawati. (2018). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Komunikasi Matematika Mahasiswa. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 6(2), 282–287.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Jurnal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.