Implementasi Metode Cooperative Articulation dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yusi Novia Ismayanti(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis penting bagi siswa untuk  merumuskan konsep, menyelesaikan soal, dan berdiskusi mengenai materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi metode Cooperative Articulation, mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diimplementasikan metode Cooperative Articulation, dan mengetahui apakah implementasi metode Cooperative Articulation dalam pembelajaran matematika menjadikan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dibandingkan dengan implementasi metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi experimental. Dengan sampel penelitian VIII A sebagai kelas eksperimen dan  VIII B sebagai kelas kontrol dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa merespon positif terhadap implementasi metode Cooperative Articulation, komunikasi matematis siswa kelas eksperimen masih tergolong kurang, dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang dalam pembelajarannya menerapkan metode Cooperative Articulation tidak ada perbedaan dengan kelas kontrol yang dalam pembelajarannya menerapkan metode konvensional. Akan tetapi hasil analisis pada tiap indikator kemampuan komunikasi matematis terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada indikator menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika dan indikator menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Keywords


Metode Cooperative Articulation, kemampuan komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Hartini, T., Misri, M., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan Hots Siswa Berdasarkan Standar Pisa dan Timss untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1). doi:http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795

Hidayah, N. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model Think Pair Share (TPS) Di Kelas VII E MTs Losari Kabupaten Cirebon. (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati)

Istikomah, D. A. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif di SMPN 2 Sedayu Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). doi:http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.2

Putra, R. W. Y. (2015). Pembelajaran Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Kategori Pengetahuan Awal Matematis SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 155-166.

Rahmiyana. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA Di Kecamatan Simpang Ulim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. A. (2011). Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dan Tipe Artikulasi di Kelas VII SMPN 7 MA. Jurnal Edumatika, 51.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Wahyuningrum, E. (2013). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik dengan MEAs (Developing Mathematical Communication Skills for Junior High School Students). Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-10

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.