Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Jigsaw dengan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gave Media.
Depdiknas. (2000). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Fauzi, A. (2015). Manajemen Media Pembelajaran. Cirebon: Eduvision Publishing
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1).
Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).
Indriati, I., & Hartono, Y. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD dengan soal-soal pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).
Misri, M. A. (2016). Kajian Modul P-bézout Dan Idealisasinya†Untuk Buku Ajar Teori Gelanggang Berbasis Riset. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2).
Novinda, R. d. (2015). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning tipe STAD pada Pembelajaran IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Lampung: Univertitas Lampung. Jurnal Pedagogik, 3(2).
Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudarman. (2008). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarli, E. M. (2015). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik: STKIP Singkawang Kalimantan Barat. Jurnal JRKPF UAD, 1(2).
Sumarmo, U. (2003). Makalah Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: UPI.
Sumaryanta. (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan
Syafriadi, A. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Batusangkar. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.