Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Jigsaw dengan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

Roni Mulyanto(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dengan STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Teknik sampling yang dilakukan dengan cara mengambil wakil dari semua kelas VII yang ada di MTs An-Nur Kota Cirebon yang terdiri dari 4 kelas, yang diambil secara acak, maka terpilihlah kelas VII B berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen 1, VII A berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen 2 dan VII C berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang dalam proses pembelajarannya selalu menerapkan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dengan STAD nilai rata-ratanya 81.20 (sangat baik), kemampuan komunikasi matematika siswa yang dalam proses pembelajarannya kadang-kadang menerapkan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dengan STAD nilai rata-ratanya 73.61 (baik), kemampuan komunikasi matematika siswa yang dalam proses pembelajarannya tidak pernah menerapkan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dengan STAD nilai rata-ratanya 59.12 (cukup baik). Respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kolaborasi jigsaw dengan STAD sangat baik dari 7 indikator persentase tiap indikator yang diperoleh berada pada rentang 61% - 80% dengan kriteria baik

Keywords


Efektivitas; Kemampuan Komunikasi; Matematika; Jigsaw; STAD

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gave Media.

Depdiknas. (2000). Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Fauzi, A. (2015). Manajemen Media Pembelajaran. Cirebon: Eduvision Publishing

Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1).

Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Indriati, I., & Hartono, Y. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD dengan soal-soal pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Misri, M. A. (2016). Kajian Modul P-bézout Dan Idealisasinya†Untuk Buku Ajar Teori Gelanggang Berbasis Riset. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2).

Novinda, R. d. (2015). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning tipe STAD pada Pembelajaran IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Lampung: Univertitas Lampung. Jurnal Pedagogik, 3(2).

Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudarman. (2008). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarli, E. M. (2015). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik: STKIP Singkawang Kalimantan Barat. Jurnal JRKPF UAD, 1(2).

Sumarmo, U. (2003). Makalah Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: UPI.

Sumaryanta. (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan

Syafriadi, A. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Batusangkar. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.