Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

Laely Mafruhah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan apa saja yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson serta faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dari 11 soal yang diberikan kepada siswa  diantaranya kesalahan kriteria prosedur tidak tepat atau ip, kriteria kesimpulan hilang atau oc, dan kriteria jenis tidak mengerjakan soal atau ao. Faktor penyebab kesalahan diantaranya: kurangnya penekanan konsep yang diberikan guru, pemahaman siswa masih rendah, siswa tidak mengetahui langkah-langkah yang benar dalam mengerjakan soal cerita dan siswa sudah beranggapan bahwa soal cerita adalah soal yang sulit.

Keywords


Analisis Kesalahan, Kriteria Watson, Soal Cerita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin, M. (2003). Pengembangan Item Tes dan Interpretasi Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Geometri Analit berpandu pada Taksonomi Solo. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Astutik, Y., & Nuriyatin, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia (Jurnal Penelitian Pendidikan), 11(2).

Hanifah, E. H. (2011). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman: Studi Kasus SMP Bina Bangsa Surabaya (Skripsi, IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Istiawan, A. A., & Sudirman, M. S. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman (Skripsi, Fakultas MIPA UM).

Kusmanto, H., & Marliyan, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasehuddien. (2011). Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. Cirebon: Nurjati Press.

Nursuprianah, I., & Nisa, N. H. (2013) Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berfikir Aljabar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2).

Suherman, E. (2001). Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI Bandung.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarna: Universitas Sanata Darma.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.