Desain Didaktis Materi Luas Permukaan dan Volume Balok MTs N 1 Majalengka Kelas VIII

Ezi Muhamad Khoeruroziqin(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian desain didaktis ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuannya adalah menghasilkan desain pembelajaran materi luas permukaan dan volume balok di kelas VIII. Penelitian dilakukan di MTSN 1 Majalengka dengan sampel adalah kelas VIII berjumlah 33 siswa. Pada awal penelitian, peneliti mencari hambatan belajar (Learning Obstacle) yang sering terjadi pada materi luas permukaan dan volume balok di kelas IX yang pernah mempelajari materi ini. Kemudian membuatkan desain awal dari hasil LO tersebut yang di implementasikan pada kelas VIII untuk mencari LO baru. Setelah implementasi dan menemukan LO baru, peneliti membuat desain akhir sebagai produk dari penelitian tersebut berupa desain empirik yang siap digunakan oleh peneliti atau guru untuk pembelajaran matematika materi luas permukaan dan volume balok yang lebih efektif.

Keywords


Desain Didaktis, Learning Obstacle (LO), Desain Empirik, Luas Permukaan dan Volume Balok

Full Text:

PDF

References


Andari, T. (2012). Efektifitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas v sd se-kecamatan bangunrejo kabupaten lampung tengah. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(1).

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2).

Astuti, R. (2017). Analisis Learning Obstacles Mahasiswa dalam mempelajari materi Kombinatorial. JURNAL e-DuMath, 3(1).

Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). DESAIN DIDAKTIS MATERI LINGKARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1).

NCTM. (2000). https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/.

Muharram, M. R. W. (2017). Desain Didaktis Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 139-146.

Nuraini, L., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Penalaran Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati Dalam Pemecahan Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(6).

Roeroe, M. (2011). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Kependidikan. ED VOKASI. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2(2), 139-144.

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Rostika, D. (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(4), 8-16.

Sembiring, S., Akhmad, G., & Nurdiansyah, H. (2017). Buku Teks Pendamping Matematika untuk Siswa SMP-MTs Kelas VIII. Bandung: PENERBIT YRAMA WIDYA.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Sulistiani, I. R. (2012). Pembelajaran Luas Daerah Persegi Panjang Berdasarkan Standar Pengajaran National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDN Dinoyo I Malang. Jurnal Fourier, 1(1).

Suprihatiningsih, S., Sujadi, I., & Sari, D. R. (2014). Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII Smp Negeri 1 SurakartA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 751.

TIMSS. (2015). TIMSS AND PIRLS. http://timss2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/.

Yunarti, T. (2014). Desain didaktis teori peluang SMA. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(1).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.