Riset Desain LKS Berbasis Kemampuan Berpikir Statistik pada Pokok Bahasan Statistika

Syaidatul Mar'ah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahuai tugas–tugas yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir statistik siswa pada tahap pemahaman dan penerapan konsep (2) Untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas–tugas yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir statistik siswa pada tahap pemahaman dan penerapan konsep (3) Untuk mengetahui intervensi yang diberikan kepada siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir statistik siswa pada tahap pemahaman dan penerapan konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan Riset Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hidayatul Mubtadi-ien Manggungan dan sampel pada penelitian ini iswa kelas X MA Hidayatul Mubtadi-ien Manggungan. Teknik yang digunakan adalah Tes, angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Tugas- tugas yang mengembangkan kemampuan berpikir statistik siswa cukup efektif (2) Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang mengembangkan kemampuan berpikir statistik pada tahap pemahaman konsep sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah (3) Intervensi-intervensi yang diberikan kepada siswa pada tahap pemahaman konsep intervensi yang sesuai dengan intervensi konvergen.

Keywords


Riset Desain, LKS, Kemampuan Berpikir Statistik dan Statistika

Full Text:

PDF

References


Haqq, A. A. (2016). Penerapan Challenge based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(2), 70-76.

Haqq, A. A., & Angraini, L. M. (2018). Penelitian Desain Bahan Ajar Berbasis Aktifitas Kritis pada Materi Bangun Datar Segitiga. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 3(1), 58-69.

Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran pada Madrasah Tsanawiyah. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1), 71-82.

Jupri, A. (2008). Computational estimation in grade four and five. Design research in Indonesia. Utrecht University: Freudenthal Institute.

Rochmat, N. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa sebagai Bentuk Penyajian Penuntun Praktikum Alternatif untuk Topik Hidrolisis. Bandung: FMIPA UPI.

Sabandar, J. (2011, Juni 13). Berpikir Reflektif. Diakses dari http://www.bacaanonline.com/berpikir-reflektif

Santrock, J. W. (2007). Psikoogi Pendidikan : edisi kedua. Jakarta: Prenada Group.

Suriasumantri, S. (2003). Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka sinar Harapan.

KBBI. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.