Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Motivasi Belajar Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang digunakan sebuah keluarga, untuk mengetahui motivasi yang diraih anak dengan pola asuh yang digunakan orangtua, dan mengetahui faktor apa saja yang menghambat orangtua sulit memotivasi belajar anak laki-laki maupun perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 keluarga siswa MTs PUI Cikaso yang diteliti, rata-rata menggunakan pola asuh permisif dengan hasil motivasi belajar yang berbeda yaitu dengan kriteria sedang dan tinggi. Mayoritas faktor pendukung orangtua memotivasi siswa laki-laki yaitu terdapat pada lingkungan guru mata pelajaran matematika yang mampu mengelola kelas dengan baik sehingga siswa tidak jenuh selama proses pembelajaran berlangsung, faktor penghambat orangtua dalam memotivasi anak laki-lakinya yaitu kurangnya kesadaran anak akan pentingnya belajar, kurangnya dukungan teman sebaya dan kesibukan orangtua. Faktor pendukung orangtua memotivasi belajar anak perempuan siswi mayoritas terdapat pada guru matapelajaran matematika, keluarga yang memberikan dukungan secara emosional, faktor penghambat orangtua dalam memotivasi belajar anak perempuan mayoritas dikarenakan, ketidak tegasan dalam suatu aturan dan pemberian sanksi kepada kesalahan yang anak lakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2014). Reasearch Desigh Pedekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran(edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembeajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89-96.
Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 237-249.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.