Pengaruh Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kedisiplinan guru sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran dan mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Nurul Huda Munjul mengenai pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar matematika siswa di kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa besar tingkat kedisiplinan guru matematika, 2) mengetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar matematika siswa, 3) mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 29 responden yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa angket kedisiplinan guru dan angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan guru matematika dalam kategori baik sebesar 88.00%, prosentase yang terbesar dari semua indikatornya ada pada indikator disiplin berpakaian pada saat disekolah sebesar 90.22%, sedangkan yang terkecilnya ada pada indikator disiplin dalam mengajar serta mengelola kelas dengan baik sebesar 86.20%. Motivasi belajar matematika siswa juga termasuk kategori baik sebesar 76.57%, prosentase yang terbesar dari semua indikatornya ada pada indikator senang terhadap pemberian hadiah sebesar 87.50% dan yang terkecilnya ada pada indikator senang terhadap pemberian nilai sebesar 64.66%. Dari hasil analisis regresi disimpulkan bahwa pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar matematika siswa adalah sebesar 45.5% dan selebihnya oleh faktor lain. Oleh karena nilai t hitung > t tabel ( 4.745 > 1.703) artinya terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, I. (2012). Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora.
Dadan, S. (2016). Stimulus dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Husni, M. (2017). Ketika Guru dan Siswa Saling Bercermin. Jakarta: PT.Gramedia.
Munawaroh, M. (2018). Kontribusi Keterampilan Manajerial Ketua Jurusan Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Era MEA. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1).
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekertaris Negara..
Sardiman, A.R. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siti, A. (2013). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Trust Media Publising.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Suyanto, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Toheri, T. (2017). Future’s Research in Mathematics Education. Procediamath, 1(1).
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.