Pengaruh Strategi Pembelajaran The Firing Line Melalui Pendekatan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hanipah Hanipah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran the firing line melalui pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari aspek kognitif dan afektif dari sisi kemandiran belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Karya Nasional Sindangwangi Kabupaten Majalengka, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu diperoleh kelas X TKJ-1. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh besarnya pengaruh strategi pembelajaran the firing line melalui pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari aspek kognitif dapat dilihat dari hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5% yang menunjukan thitung  = 2,134 dan  ttabel = 2,045 sehingga  thitung > ttabel (2,134 > 2,045) dan besarnya pengaruh terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek afektif dari sisi kemandirian diperoleh thitung  = 2,122 dan  ttabel = 2,045 sehingga  thitung > ttabel (2,122 > 2,045). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran the firing line melalui pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif dari sisi kemandirian belajar siswa.

Keywords


The Firing Line; pendekatan metakognitif; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Bonitalia, Rama, H. A., & Saehana, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA 4 Sman 2 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) , III (1), 23-27.

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis,Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , II (1), 51-62.

Darma, Y., & Sujadi, I. (2011). Efektivitas Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif Dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Di Pontianak. 1 (2).

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, F. (2015). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill. Suska Journal of Mathematics Education , 1 (1), 9-18.

Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1).

Nasehuddien, T. S., & Manfaat, B. (2016). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Eduvision.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurasyiyah, D. A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. JMP , 6 (2), 115-125.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Silberman, M. L. (2016). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.