Pemodelan Matematika Efek Zakat pada Konsumsi Agregat dalam Ekonomi Islam

Lilis Lisnawati(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek zakat pada konsumsi agregat dalam ekonomi Islam, mengetahui pemodelan matematika efek zakat pada konsumsi agregat dalam ekonomi Islam, dan mengetahui manfaat pemodelan matematika efek zakat pada konsumsi agregat dalam ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan dengan membuat pemodelan matematika efek zakat pada konsumsi agregat dengan pengambilan data di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Cirebon. Data yang diperoleh yaitu data muzakki pada lembaga pendidikan sebanyak 30 lembaga dan data mustahik sebanyak 30 orang. Tahap yang dilakukan dalam pemodelan matematika yaitu masalah dan identifikasi masalah, membangun model, analisis model, dan uji model. Berdasarkan hasil analisis model dan pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa efek zakat dapat berpengaruh pada konsumsi agregat. Berdasarkan nilai MPC (Marginal Propensity to Consume), bagi muzakki sebesar 0, 46 dan mustahiknya sebesar 0, 76. Hal ini menunjukkan nilai MPC mustahik lebih besar daripada nilai MPC muzakki yaitu sebesar 0,76 > 0, 46 atau dapat dikatakan 0 <  <  artinya bahwa terjadi peningkatan pada konsumsi agregat karena besarnya perubahan pendapatan mustahik terhadap konsumsi agregat tinggi.  Bagi muzakki dapat menstabilkan keinginannya untuk mengonsumsi terhadap barang dan jasa. Hal tersebut sangat terlihat pada golongan kaya yang menjadi muzakki. Golongan kaya muzakki lebih stabil daripada golongan kaya lainnya yang tidak membayar zakat. Hal tersebut dapat dilihat pada saat pendapatan muzakki dan golongan kaya lainnya  Y =  dengan MPC yang berbeda yaitu MPCZ = 0,4 dan MPCZK = 0,7 dengan nilai MPC muzakki lebih mendekati nol dan nilai MPC mendekati satu, artinya jika MPC muzakki lebih mendekati nol maka konsumsi muzakki lebih stabil. Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi agregat dalam ekonomi Islam lebih baik daripada ekonomi konvensional.

Keywords


Pemodelan matematika; efek zakat; konsumsi agregat; MPC

Full Text:

PDF

References


Chaudhry, M. S. (2012). Sistem Ekonomi Islam (Fundamentalnof Islamic Economic System). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gustiawan, A. (2016). Pemodelan Matematika Laju Water Flow Filtering Furification dengan Metode Beda Hingga (Skripsi, Universitas Lampung).

Huda, N., dkk. (2008). Ekonomi Makro Islam: Pendekatan Teoritis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Iqbal, M. (1985). Zakah, moderation and aggregate consumption in an Islamic economy. Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics, 3(1).

Misri, M. A. (2017). Struktur Grup. Cirebon: Confident.

Nursuprianah, I. (2017). Pemodelan Matematika Manfaat Jumlah Rakaat Shalat Pada Pembakaran Kalori dalam Tubuh. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Al-Arif, M., & Rianto, N. (2010). Efek pengganda zakat serta implikasinya terhadap program pengentasan kemiskinan. Jurnal Ekbisi Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 5(1), 42-49.

Suprayitno, E. (2005). Ekonomi Islam: Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarifudin & Wahidah. (2016). Pemodelan Matematika Pada Penularan Penyakit Tuberculosis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.