Aini Septiani
,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), 2) untuk mengetahui seberapa besar minat belajar matematika siswa setelah strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon, sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII H sebagai kelas uji coba dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa: 1) respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 70,25% termasuk dalam kategori kuat, 2) minat belajar matematika siswa sebesar 73,5% masuk dalam kategori kuat. Dan 3) Berdasarkan uji regresi diperoleh besarnya pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat belajar matematika siswa taraf signifikansi 5% yang menunjukkan thitung = 3,577 dan ttabel = 2,024. Karena thitung > ttabel (3,577 > 2,024) maka H0 ditolak bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap minat belajar matematika siswa. Dan kontribusi variabel X dan Y sebesar 27,04% artinya 27,04% minat belajar matematika siswa dipengaruhi oleh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).
Keywords
Strategi pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament (TGT); minat belajar; matematika
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adimata.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Loekmono. (1994). Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
NCTM. (2000). Priciples and Standards for School Matehematics. Diambil kembali dari NCTM: www.mtedu.utaipei.edu.tw/mathweb/opendata/NTCM2000/chapter2/equity.htm
Ruseffendi. (1988). Pengantar kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusman. (2013). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Solihatin, E. (2007). Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.