Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Kemampuan Berpikir Statistik Siswa

Nurul Khilda(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan berpikir statistik adalah kemampuan untuk mengerti dan memahami proses statistik secara keseluruhan, serta mengaplikasikan pemahaman pada masalah nyata dengan memberikan kritik, evaluasi, dan membuat generalisai berkaitan dengan mendeskripsikan data. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir statistik siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 ASTANAJAPURA tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 330 siswa. Sample penelitian dipilih menggunakan teknik nonprobabilitas sampling design terpilih satu kelas IX E sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda pada materi statistika dan angket untuk mengetahui respon siswa pada model pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif menyenangkan (PAIKEM). Berdasarkan pengolahan data, rata-rata hasilpenyebaran angket sebesar 62% yang termasuk dalam kategori kuat dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir statistik sebesar 74% yang termasuk kedalam kategori tinggi. Pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05, dk = n – 2 diperoleh thitung = 10,413 dan ttabel = 2,034 hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran aktif inovatir kreatif efektif menyenangkan (PAIKEM) terhadap kemampuan berpikir statistik siswa.

Keywords


Model PAIKEM; kemampuan berpikir statistik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Asmani, J. M. (2011). 7 tips aplikasi PAKEM. Diva Press: Yogyakarta

Britz, G., Emerling, D., Hare, L., Hoerl, R., & Shade, J. (1997). How to teach others to apply statistical thinking. Quality Progress, 30(6), 67.

Djauhari, M. A. (2007). Statistik: Salah Satu Indikator Utama Peradaban. Jurnal Sosioteknologi, 6(10), 174-182.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iqbal, H. (2004). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Martadiputra, B. A. P., & Suryadi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1 Melalui Pembelajaran MEAs yang Dimodifikasi. Infinity Journal, 1(1), 79-89.

Mulyono, M. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press.

Rachman, M., dkk. (2009). Filsafat Ilmu. Semarang: Unnes Press.

Shadiq, Fr. (2014). Belajar Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suriasumantri, S. J. (2003). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Trianto, I. B. A. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wild, C. J., & Pfannkuch, M. (1999), Statistical Thinking in Empirical Enquiry. International Statistical Review, 67, 223–265.


Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.