Efektivitas Pendekatan Problem Posing dan Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifi, J. (2014). Inovasi-inovasi Kreatif Manajemen Kelas & Pengajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa SD (Versi Elektronik). Edisi Khusus, 1, 76-89.
Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Amerika Serikat: Noorden.
Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55-64.
Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.
Persada, A. R. (2014). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.
Susanti, I., Akbar, R. O., & Nasehuddien, T.S. (2015). Efektivitas Berpikir Kreatif Matematika Antara Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dengan Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Work Based Learning Pada Pokok Bahasan Geometri Di Kelas X SMA Negeri 5 Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2).
Shanti, W., Sholihah, D., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58. doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Silver, E., & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, 27(5), 521-539.
Suherman, E., & dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 58 timesPDF - 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.