Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) pada Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry Terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2013). Peningkatan Academic Skill dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) Siswa Kelas VII Smp Islam Al-Ma’arif Rejoagung Srono Banyuwangi Tahun Ajaran 2011/2012. Pancaran Pendidikan, 2(1), 131-140.
Aminah, I. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Kreativitas Siswa (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Febriawan, Y., Subanji, S., & Hadi, S. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas V Sdn Balonggemek 1 Jombang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1739-1743.
Fracticha, Fathurrohman, M., & Jaenudin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction dengan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 223.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(01), 45.
Ivana, P. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Ditinjau dari Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Muntilan pada Materi Kubus dan Balok. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma).
Jamiah, Y. (2012). Peningkatan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Asessment, and Satisfaction) pada Mahasiswa S-1 PGSD FKIP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 6(2), 193.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Katika, I., & Muchyidin, A. (2014). Perbandingan pemahaman matematika siswa antara kelas yang menggunakan metode student facilitator and explaining dengan metode peer teaching pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).
Novelsa, D. (2016). Penerapan Model Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Sumbergede. (Skripsi, Universitas Lampung).
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terintegratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Riduwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sulistyaningrum, D. E., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran ARIAS untuk Memberdayakan Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem. Inkuiri, 4(1), 104-116.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H., & Mohamad, N. (2013). Belajar dengan Pendekatan Pailkem: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Mandiri. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 41 timesPDF - 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.