Desain Didaktis Materi Himpunan Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Salman Cirebon Kelas VII

Dzikri Abdullah(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah Desain Didaktis pada materi himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan penelitian desain didaktis menurut Suryadi, yakni dengan melalui (1) Tahap Analisis Didakis, (2) Tahap Metapedadidaktis, (3) Tahap Restrosfeksi. Teknik pengumpulan data sebagian mengacu kepada pendapat Creswell yaitu dengan menggunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Uji Tes, dan (4) Angket. Penelitian dilakukan kepada kelas VIII sebagai tahap awal untuk mencari learning obstacles yang dialami siswa pada materi himpunan. Kemudian kepada kelas VII-B sebagai kelas implementasi rancangan dari desain didaktis hipotesis, sekaligus sebagai kelas uji learning obstacles akhir pasca implementasi. Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan, terdapat penurunan learning obstacles antara sebelum implementasi dan setelah implementasi dengan persentase penurunan terbesar sebanyak 82.9%. Selain rancangan desain didaktis hipotesis, bahan ajar yang berupa LKS sebagai pendukung pembelajaran mendapat predikat Cukup Valid dengan nilai rata-rata 85.5% berdasarkan penilaian dari tiga ahli.

Keywords


Desain didaktis; bahan ajar LKS; himpunan

Full Text:

PDF

References


Cahyaningsih, U. (2017, Maret). Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In PROSEDING SEMINAR INTERNASIONAL (Vol. 1).

Dolong, M. J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76.

Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran pada Madrasah Tsanawiyah. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1).

Kemendikbud. (2013a). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (2013), 1–135.

Kemendikbud. (2013b). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, (2013), 1–97.

Kemendikbud. (2013c). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, (2013), 1–253.

Kemenkeu. (2017). Salinan Lampiran Perpres No 107 Tahun 2017 Tentang APBN, 1–9.

Misri, M. A. (2017). Struktur Grup. Cirebon: CV. Confident.

Mustaqim, M. (2016). Sekolah/Madrasah Berkualitas dan Berkarakter. Nadwa, 6(1), 137-154.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarma, M., & Ahmed, M. (2013). A study on the difficulty of teaching and learning mathematics in under graduate level with special reference to Guwahati City. International Journal of Soft Computing and Engineering (IJSCE), 3(1), 409-412.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Yelmiati. (2014). Pengembangan Desain Didaktis Luas Daerah Lingkaran pada Pembelajaran Matematika SMP.

Yuliani, R. E. (2016, September). Prespective of theory of didactical situation toward the learning obstacle in learning mathematics. In Sriwijaya University Learning and Education International Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 911-928).


Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.