Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Metode Newman dalam Evaluasi Formatif

Asep Ahmad Saehu(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Mengevaluasi hasil belajar siswa, baik dengan menggunakan tes formatif atau summative, merupakan bagian dari tugas seorang guru. Tidak terkecuali dengan guru matematika. Dengan menganalisa hasil dari tes summative seorang guru dapat mengetahui apa saja kesalahan siswa dan bagaimana menggunakan data tersebut untuk perbaikan di waktu yang akan datang. Salah satu metode untuk manganalisa kesalahan siswa adalah metode Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tipe kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa berdasarkan metode Newman dan menemukan penyebab kesalahan tersebut dan menentukan prioritas dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi persamaan garis lurus.Penelitian  ini menggunakan pendekatan campuran kuantitatif-kualitatif dengan instrumen penelitian berupa tes tulis dan wawancara. Subyek merupakan siswa MA Riyadlul Huda kelas XI yang pada hasil tes tulisnya termasuk kepada kelompok siswa berkemampuan tinggi dan kelompok siswa berkemampuan rendah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan rendah masih melakukan kesalahan yang berkaitan dengan faktor bahasa, sedangkan siswa dengan dengan kemampuan tinggi lebih banyak melakukan kesalahan yang berkaitan dengan kemampuan matematis.

Keywords


Analisis kesalahan; persamaan garis lurus; evaluasi formatif; metode Newman

Full Text:

PDF

References


Alidah. (2011). Pengaruh Penguasaan Materi Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Bardini, C., Pierce, R. U., & Stacey, K. (2004). Teaching linear functions in context with graphics calculators: students’ responses and the impact of the approach on their use of algebraic symbols. International Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 353-376.

Clements, M. K. (1980). Analyzing children's errors on written mathematical tasks. Educational studies in mathematics, 11(1), 1-21.

Creswell, J. W. (2012). Educational Reasearch: Planning and Conducting Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Education, Inc.

Ellerton, N. F., & Clements, M. A. (1992). Implications of Newman research for the issue of “What is basic in school mathematics?â€. Space: The first and final frontier, 276-284.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-hill companies, Inc.

Hanifah, E. H. (2011). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Cerita Matematika materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan metode analisis kesalahan Newman: studi kasus SMP Bina Bangsa Surabaya (Skripsi, IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1).

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newmans Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(01), 37-51.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Olivier. (1989). Handling pupils’ misconceptions: University of Stellenbosch.

Oxford University. (1970). The Theacher at Work. london: Oxford University Press.

Raduan, I. H. (2010). Error analysis and the corresponding cognitive activities committed by year five primary students in solving mathematical word problems. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3836-3838.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 109-116.


Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.