Analisis Kesalahan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA)
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP & MTS. (Depdiknas, Ed.). Jakarta.
Elisa, S. N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah ditinjau dengan Prosedur Newman (Skripsi Online. Semarang: Universitas Negeri Semarang).
Febriyani, V. D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X SMK Kanisius 1 Paekm Tahun Pelajaran 2014/2015 (Skripsi, Universitas Sanata Dharma).
Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri Kepahiang Tenta ng Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele (Skripsi, Universitas Bengkulu).
Karnasih, I. (2011). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Medan.
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).
Meleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76-87.
Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Bidang Datar. Jurnal EduMa, 5(1).
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tias, A. A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis kesulitan siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.
White, A. L. (2005). Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes – And Then Doing Something To Help Them. Sydney: University of Western Sydney.
White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 129-148.
Article Metrics
Abstract view : 48 timesPDF - 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.