Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 3 Palimanan

Lili Lili(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelaksanaan Kurikulum 2013 telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil di kelas VIII SMP N 3 Palimanan. Namun belum diketahui keberhasilan pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran matematika berbasis Kurikulum 2013 di kelas VIII SMP Negeri 3 Palimanan. Evaluasi ini menggunkan model CIPP, yaitu Context (Konteks), Input (Input), Process (Proses), Product (Produk). Aspek konteks meliputi tujuan pembelajaran. Aspek input meliputi perencanaan pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran. Aspek proses meliputi proses pembelajaran dan proses penilaian. Sementara aspek produk meliputi hasil belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru matematika kelas VIII dan 33 siswa kelas VIII A. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis Kurikulum 2013 di kelas VIII SMP N 3 Palimanan Tahun Ajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, analisis dokumen, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada aspek konteks yang mencakup tujuan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah sesuai Kurikulum 2013; 2) pada aspek input yang memuat perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah baik, bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan sudah layak dan sesuai dengan Kurikulum 2013; 3) proses pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 sudah diimplementasikan, namun belum maksimal, penilaian untuk aspek sikap belum dilakukan sesuai dengan Kurikulum 2013 sedangkan untuk aspek pengetahuan dan keterampilan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013; dan 4) hasil belajar matematika siswa termasuk dalam kategori baik.

Keywords


Evaluasi; program pembelajaran; CIPP; Matematika; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Abrory, M., & Kartowagiran, B. (2014). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 50-59.

Arif, S. (2012). Penerapan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 1 Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 11(2), 236-262.

Cahyadi, F., & Purwandari, A. (2014). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kelas IV Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(2), 35-42.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013a). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 (SMP/MTs : Matematika). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013b). Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Herlina, Y., & Toheri, T. (2014). Perbandingan Penggunaan Asesmen Kinerja (Performance) Dan Asesmen Penugasan Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Kelas VII MTs. Negeri cirebon II. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).


Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.